Kesehatan

3 Manfaat Timun Suri Sebagai Menu Berbuka Puasa

fin.co.id - 14/03/2024, 18:37 WIB

FIN.CO.ID  - Timun suri adalah salah satu buah yang sering menjadi pilihan menu berbuka puasa di berbagai negara. Selain memberikan rasa segar, timun suri juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Meskipun timun suri memiliki banyak manfaat, penting untuk diingat bahwa konsumsinya harus disertai dengan pola makan yang seimbang dan beragam.

Dokter juga menyarankan untuk membatasi konsumsi garam dan bumbu lainnya pada timun suri, terutama bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi atau masalah kesehatan lainnya.

Dengan mempertimbangkan manfaat kesehatan yang diberikan oleh timun suri, tidak mengherankan jika buah ini sering menjadi pilihan menu berbuka puasa bagi banyak orang.

Selain menyegarkan dan menyenangkan, timun suri juga memberikan berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tiga manfaat utama timun suri sebagai menu berbuka puasa, berdasarkan pandangan para ahli dan dokter.

--

1. Menyegarkan dan Menjaga Kehidratan Tubuh:

Salah satu manfaat utama timun suri adalah kemampuannya untuk menyegarkan tubuh dan menjaga kehidratan.

Timun suri mengandung sebagian besar air, sehingga cocok untuk mengembalikan cairan yang hilang selama berpuasa.

Menurut Dr. Nadya Hasan, seorang dokter ahli gizi, mengonsumsi timun suri saat berbuka puasa dapat membantu menghindari dehidrasi dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

2. Kaya akan Nutrisi Penting:

Meskipun rendah kalori, timun suri mengandung sejumlah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Menurut Dr. Kusnandar, seorang ahli gizi, timun suri mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin C, K, dan kalium.

Vitamin C berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sementara vitamin K penting untuk pembekuan darah yang sehat. Kalium membantu menjaga tekanan darah normal dan fungsi otot yang baik.

3. Meningkatkan Pencernaan dan Kesehatan Usus:

Rangga Dipa
Penulis
-->