Otomotif

Mau Mudik Lebaran? Ini 11 Komponen Mobil yang Wajib Dicek

fin.co.id - 13/03/2024, 19:23 WIB

Cek komponen penting mobil sebelum mudik. Sumber foto:google

FIN.CO.ID - Anda yang akan mudik dengan menggunakan mobil pribadi sebaiknya melakukan pengecekan pada kendaraan sebelum mudik.  

Hal ini untuk menghindari kerusakan pada bagian komponen tertentu. Dikutip dari berbagai sumber, berikut 10 langkah untuk menjaga performa mobil Anda tetap prima.

1. Oli

Periksa kondisi semua oli pada mobil, mulai dari oli mesin, oli transmisi hingga oli gardan. Oli merupakan cairan yang sangat dibutuhkan sebagai pelumas antar komponen bergerak pada mesin dan sistem penggerak lainnya.

Jika Anda tidak memeriksanya dan ternyata kondisi oli sudah tidak layak pakai atau habis, mobil bisa bermasalah di jalan. Alangkah baiknya diganti semua dengan oli baru sembari servis berkala di bengkel resmi.

2. Ban

Ban merupakan komponen mobil yang bersinggungan langsung dengan jalan sehingga wajib diperhatikan kondisinya.

Pastikan ban dalam kondisi siap pakai, seperti telapak ban belum aus, dinding ban tidak sobek atau benjol, dan tekanan angin terjaga.

Ban yang sudah aus lebih baik diganti karena Anda tidak tahu seperti apa kondisi jalan nanti. Ditambah, mobil diisi muatan penuh yang membuat ban harus bekerja keras menopang sekaligus mengendalikan laju mobil.

BACA JUGA:

3. Filter

Periksa kondisi saringan atau filter pada mobil, seperti filter oli, filter udara, filter bensin, termasuk filter kabin atau filter AC yang sering terlupakan.

Peran filter tidak bisa dianggap sepele karena berfungsi sebagai penyaring kotoran yang mengganggu. Dampak buruk filter tidak diganti seperti oli, bensin, dan udara yang terkontaminasi kotoran sehingga mengganggu kerja mesin.

Filter kabin bila tidak diganti dapat mengakibatkan udara AC yang berembus menjadi kotor, bahkan saluran AC mampat.

4. Rem

Eko Nugros
Penulis