Kesehatan

3 Makanan Sehat Saat Berpuasa: Mendukung Kesehatan Selama Ibadah!

fin.co.id - 11/03/2024, 19:05 WIB

FIN.CO.ID -  Berpuasa selama bulan Ramadan adalah sebuah ibadah yang membutuhkan perhatian khusus terhadap asupan makanan dan minuman. Memilih makanan yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa.

Memilih makanan sehat selama berpuasa sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan memberikan energi yang cukup selama menjalankan ibadah. Dengan memasukkan buah-buahan segar, sayuran hijau, dan protein nabati dalam menu berbuka puasa dan sahur, kita dapat memastikan tubuh tetap sehat dan bugar selama bulan Ramadan.

Sudah menjadi kewajiban bagi umat Islam untuk memelihara kesehatan tubuh mereka selama berpuasa demi menjalankan ibadah dengan baik. Berikut adalah tiga makanan sehat yang dapat dikonsumsi saat berpuasa, didukung oleh pendapat para ahli gizi:

1. Buah-buahan Segar

--

Buah-buahan segar mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa. Buah-buahan seperti kurma, apel, pir, anggur, dan jeruk merupakan pilihan yang baik karena memberikan energi yang cukup dan meningkatkan hidrasi. Kandungan air dalam buah-buahan juga membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi selama puasa.

Menurut ahli gizi, Dr. Sarah Johnson, "Buah-buahan segar merupakan pilihan makanan yang sangat baik selama berpuasa karena kaya akan nutrisi dan antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan energi."

2. Sayuran Hijau

--

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, selada, dan kubis mengandung serat tinggi, vitamin, dan mineral yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan. Konsumsi sayuran hijau selama berbuka puasa atau sahur dapat membantu mengontrol kadar gula darah, menjaga pencernaan, dan memberikan energi yang stabil selama menjalankan ibadah.

Profesor Maryam Ali, seorang ahli gizi terkenal, menyatakan, "Sayuran hijau merupakan sumber nutrisi yang sangat penting selama berpuasa. Serat tinggi dan kandungan vitamin dan mineralnya membantu menjaga kesehatan pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh."

3. Protein Nabati

--

Protein nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan produk kedelai merupakan sumber protein yang baik untuk dikonsumsi selama berpuasa. Protein nabati membantu menjaga keseimbangan energi, memperbaiki dan membangun jaringan otot, serta memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Contoh makanan yang mengandung protein nabati adalah tempe, tahu, kacang almond, dan quinoa.

Dr. Ahmad Yasin, seorang ahli gizi dan nutrisi, menjelaskan, "Protein nabati adalah pilihan makanan yang ideal selama berpuasa karena rendah lemak, kaya akan serat, dan memberikan energi yang stabil. Konsumsi protein nabati dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan menjaga kecukupan nutrisi selama bulan Ramadan."

Rangga Dipa
Penulis
-->