Pilpres 2024

2 Hari Rekapitulasi Nasional, Prabowo-Gibran Unggul di 6 Provinsi

fin.co.id - 11/03/2024, 15:03 WIB

Paslon nomor urut 2, Prabowo-Gibran

FIN.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah merampungkan rekapitulasi suara di enam provinsi yang ada di Indonesia. Keenam provinsi itu yakni Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Gorontalo, Kalimantan Tengah, Bali, Bangka Belitung, dan Kalimantan Barat (Kalbar).

Dari keenam provinsi itu, pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berada di posisi pertama dengan perolehan suara sebanyak 6.819.703. Pasangan calon yang diberi juluk ‘gemoy’ ini berhasil menduduki posisi pertama di keenam provinsi tersebut.

BACA JUGA:

Kemudian disusul oleh pasangan calon nomor urut 03, Ganjar Pranowo dan Mahfud Md dengan perolehan suara sebanyak 2.754.209 pemilih.

Pasangan calon yang diusung oleh PDI Perjuangan bersama dengan partai koalisinya, yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Perindo, dan Hanura itu mendapatkan posisi kedua di dua provinsi, DIY dan Bali.

Di empat provinsi lainnya, Gorontalo, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, dan Bangka Belitungmantan, Gubernur Jawa Tengah dan Menko Polhukam itu memperoleh suara ketiga dari dua pasangan calon lainnya.

Sedangkan pasangan calon nomor urut 01, Anies Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mendapatkan 2.002.667 suara di enam provinsi.

Empat dari keenam provinsi tersebut, Gorontalo, Kalimantan tengah, Kalimantan Barat, dan Bangka Belitung, pasangan Anies-Imin memperoleh suara kedua terbanyak.

Tidak dengan dua provinsi sisanya, DIY dan Bali, pasangan yang disingkat AMIN ini menduduki posisi ketiga.

Adapun berikut perolehan suara tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden beserta surat suara sah dan tidak sah di enam Provinsi :

1. DIY

Pasangan Anies-Imin : 496.280 suara

Pasangan Prabowo-Gibran : 1.269.265 suara

Pasangan Ganjar-Mahfud : 741.220 suara

Surat suara sah dan tidak sah : 2.567.394 suara

Mihardi
Penulis
-->