Kesehatan

5 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula, Khasiatnya Lebih Optimal untuk Kesehatan!

fin.co.id - 04/03/2024, 18:06 WIB

Ilustrasi - Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula untuk Kesehatan

FIN.CO.ID - Kopi hitam ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, khasiatnya akan lebih optimal apabila tidak menggunakan tamhana pemanis seperti gula.

Manfaat kopi hitam tanpa gula akan lebih maksimal untuk kesehatan yang diantaranya dapat menurunkan berat badan hingga risiko terkena penyakit jantung.

Kopi hitam tanpa gula tidak hanya dapat mencegah rasa kantuk, kandungan kafein dan senyawa antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat mencegah dari depresi.

Berikut ini beberapa manfaat kopi hitam tanpa gula yang dapat dirasakan jika tidak berlebihan mengonsumsinya.

BACA JUGA: Tips Bikin Kopi Pakai Vietnam Drip, Wajib Kamu Coba!

BACA JUGA:7 Efek Samping Minum Kopi Tanpa Gula Setiap Hari

1. Turunkan Berat Badan

Kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga mampu membantu mengendalikan berat badan. Cocok sekali buat Anda yang sedang menjalani rogram diet sehat.

2. Tingkatkan Stamina Tubuh

Kafein yang ada pada gula tanpa kopi dapat merangsang sistem syaraf sehingga mampu meningkatkan stamina dan energi tubuh. Menurut penelitian, kandungan yang terdapat di dalam kopi bisa meningkatkan daya tahan otot sehingga tubuh tidak mudah lelah.

3. Cegah Depresi

Salah satu dari manfaat kopi hitam tanpa gula lainnya yaitu mampu mencegah depresi. Kafein yang terkandung di dalam kopi dapat merangsang sistem saraf pusat yang berkaitan dengan suasana hati.

4. Kurangi Risiko Penurunan Kerja Otak

Kandungan kafein dan senyawa antioksidan yang terdapat pada kopi hitam dapat mengurangi peradangan pada sel otak sehingga mampu mengurangi risiko terjadinya penurunan kerja otak.

5. Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan senyawa antioksidan pada kopi hitam tanpa gula dapat berperan untuk melawan radikal bebas mengurangi peradangan yang bisa memicu terjadinya penyakit jantung.

Namun perlu diingat, untuk memperoleh manfaat yang maksimal dari kopi hitam, tidak disarankan mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.

Demikian beberapa manfaat kopi hitam tanpa gula yang dapat dirasakan jika tidak berlebihan mengonsumsinya. Semoga Bermanfaat!

Sahroni
Penulis
-->