Kesehatan

5 Buah yang Sebaiknya Dihindari Bagi Penderita Diabetes: Termasuk Kurma

fin.co.id - 28/02/2024, 00:51 WIB

FIN.CO.ID - Buah-buahan adalah bagian penting dari pola makan sehat, tetapi bagi penderita diabetes, ada beberapa jenis buah yang harus dihindari karena tinggi kandungan gula alaminya.

Meskipun buah-buahan umumnya mengandung gula alami yang lebih baik daripada gula tambahan, mereka masih dapat memengaruhi kadar gula darah.

Berikut adalah lima buah yang harus dihindari oleh penderita diabetes:

BACA JUGA:

1. Pisang

Pisang adalah buah yang kaya akan karbohidrat dan gula alami. Sebuah pisang ukuran sedang mengandung sekitar 27 gram karbohidrat dan 14 gram gula. Ini membuat pisang memiliki indeks glikemik yang tinggi, yang dapat menyebabkan peningkatan gula darah yang cepat setelah dikonsumsi.

2. Anggur

Anggur adalah buah yang kaya akan gula alami, terutama glukosa dan fruktosa. Ini membuat anggur memiliki indeks glikemik yang tinggi, yang dapat menyebabkan peningkatan gula darah yang cepat setelah dikonsumsi.

3. Jeruk

Jeruk adalah buah yang kaya akan gula alami, terutama fruktosa. Sebuah jeruk ukuran sedang mengandung sekitar 15 gram karbohidrat dan 12 gram gula. Ini membuat jeruk memiliki indeks glikemik yang tinggi, yang dapat menyebabkan peningkatan gula darah yang cepat setelah dikonsumsi.

BACA JUGA:

4. Mangga

Mangga adalah buah yang kaya akan gula alami, terutama glukosa dan fruktosa. Sebuah mangga ukuran sedang mengandung sekitar 45 gram karbohidrat dan 35 gram gula.

Ini membuat mangga memiliki indeks glikemik yang tinggi, yang dapat menyebabkan peningkatan gula darah yang cepat setelah dikonsumsi.

5. Buah Kering

Kiky Adeana Sisca
Penulis
-->