Kesehatan

Kenali Gejala dan Penyebab Kanker Prostat yang Banyak Menyerang Pria

fin.co.id - 24/02/2024, 19:15 WIB

Kenali Gejala dan Penyebab Kanker Prostat yang Banyak Menyerang Pria

Penyebab dan Risiko Terkena Penyakit Prostat

FIN.CO.ID - Kanker prostat merupakan salah satu kanker yang paling banyak menyerang laki-laki. Namun sebelumnya, Anda perlu mengetahui apa saja faktor penyebab dan risiko terkena penyakit prostat.

Penyebab penyakit prostat

Setiap bentuk penyakit prostat sebenarnya disebabkan oleh faktor yang berbeda. Perlu diperhatikan bahwa ada tiga jenis penyakit yang mempengaruhi prostat, termasuk prostatitis (peradangan prostat), penyakit BPH (pembesaran prostat jinak), dan kanker prostat.

BACA JUGA:

1. Penyebab penyakit prostat prostatitis

Berdasarkan faktor penyebabnya, prostatitis terbagi menjadi dua jenis, yakni prostatitis bakterial dan prostatitis non-bakteri. Prostatitis non-bakteri sering disebut sebagai sindrom nyeri panggul, sementara prostatitis bakterial terdiri dari dua jenis, yaitu prostatitis akut dan prostatitis kronis.

Prostatitis non-bakteri disebabkan oleh peradangan pada prostat dan iritasi pada saraf-saraf yang memasok wilayah ini. Selain itu, jenis prostatitis ini juga bisa disebabkan oleh cedera pada area sekitar prostat, misalnya luka bedah biopsi.

Sementara itu, prostatitis bakterial disebabkan oleh infeksi bakteri pada prostat. Hal ini terjadi ketika urin yang terinfeksi mengalir mundur dari uretra dan memberi jalan bagi bakteri untuk menyerang prostat.

2. Penyebab penyakit prostat BPH

Pembesaran jaringan prostat, yang dikenal sebagai benign prostatic hyperplasia (BPH), menyebabkan gejala yang tidak nyaman saat buang air kecil karena tekanan pada uretra. Meskipun prostat secara alami membesar seiring bertambahnya usia, jika ukurannya melebihi, dapat menghambat aliran urin.

Kemungkinan penyebabnya adalah peningkatan kadar hormon estrogen dalam tubuh, yang dapat merangsang pertumbuhan jaringan prostat dengan lebih aktif.

BACA JUGA:

3. Penyebab kanker prostat

Penyebab kanker prostat berbeda dengan penyebab penyakit lainnya. Seperti halnya kanker lain, mutasi pada DNA merupakan penyebab utama dari perkembangan sel kanker.

Mutasi pada DNA mengakibatkan sel-sel abnormal tumbuh dan berkembang lebih cepat daripada sel normal. Sel-sel abnormal ini dapat menumpuk dan membentuk tumor, yang kemudian dapat terus tumbuh dan menyerang jaringan di sekitarnya.

Mega Oktaviana
Penulis
-->