Kesehatan

Ciri-ciri Asam Lambung Naik yang Sering Dikira Serangan Jantung: Kenali Dulu agar Tidak Panik

fin.co.id - 24/02/2024, 08:40 WIB

Gejala Asam Lambung Naik, Image: Naturalherbsclinic / Pixabay

FIN.CO.ID - Apakah Anda pernah nggak sih merasa tiba-tiba dada Anda panas dan nyeri, trus kepikiran, “Ini kenapa, ya? Jangan-jangan serangan jantung?” 

Tenang, bisa jadi itu cuma asam lambung naik, lho. 

Tapi, gimana sih bedainnya? Yuk, simak biar nggak salah paham.

Ciri-ciri Asam Lambung Naik

Pertama, cek dulu nih, nyerinya muncul setelah Anda makan pedas atau asam, atau mungkin karena Anda telat makan? 

Kalau iya, itu bisa jadi adalah salah satu ciri asam lambung naik. 

Asam lambung yang naik ke kerongkongan bisa bikin sensasi terbakar di dada, yang orang sering sebut heartburn.

Kedua, coba perhatiin, nyeri dadanya menjalar ke bagian tubuh lain nggak, seperti lengan atau leher? 

Kalau nggak, dan cuma terasa di dada atau ulu hati aja, maka itu ciri asam lambung naik lainnya. 

Ketiga, ciri-ciri asam lambung naik juga bisa bikin Anda batuk-batuk atau suara serak. 

Hal ini menurut ahli, karena dipicu oleh iritasi di tenggorokan. 

Kalau Anda merasa ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan dan susah menelan, itu juga bisa jadi salah satu gejala asam lambung naik.

Nah, kalau Anda udah paham ciri-ciri asam lambung naik, Anda bisa lebih tenang dan nggak panik. 

Tapi ingat, kalau gejalanya parah atau sering banget terjadi, mendingan cek ke dokter, ya. 

Jangan-jangan Anda butuh penanganan lebih lanjut.

Kesimpulan

Makruf
Penulis
-->