Religi

Malam Nisfu Syaban 2024: Ini Bacaan Doa dan Keutamaannya

fin.co.id - 23/02/2024, 11:20 WIB

Malam Nisfu Syaban 2024

FIN.CO.ID - Sebentar lagi akan memasuki malam Nisfu Syaban, momen ini  merupakan waktu yang istimewa bagi seluruh umat Islam.

Keutamaan menjalankan Nisfu Syaban akan memberikan ampunan dari Allah SWT kepada seluruh makhlunya.  Hal ini direngkat dalam hadits riwayat al-Baihagi dari Abu I Tsalabah al-Khusyani.

صحيح وضعيف الجامع الصغير - (ج 2 / ص (273)

773 - إِذَا كَانَ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ اطَّلَعَ الله إلى خَلْقِهِ فَيَغْفِرُ لِلْمُؤْمِنِينَ وَيُقْلِي لِلْكَافِرِينَ وَيَدَعُ أَهْلَ الْحِقْدِ بِحِقْدِهِمْ حَتَّى يَدَعُوهُ . تخريج السيوطي ( هب ) عن أبي ثعلبة الخشني . تحقيق الألباني ( حسن ) انظر حديث رقم : 771 في صحيح الجامع .

"(Hadis) Jika ada malam pertengahan dari bulan Sya'ban, maka Allah memperhatikan makhluk-Nya dengan penuh rahmat. Allah akan mengampuni orang yang beriman, menangguhkan orang kafir dan meninggalkan orang yang iri dengan sifat iri hatinya hingga mereka meninggalkannya". As-Suyuthi berkata: "HR al-Baihaqi dari Abu I Tsalabah al-Khusyani". TAHQIQ AL-ALBANI "HASAN".(3)

Mengutip Kitab Fiqhus Sunnah tulisan Sayyid Sabiq, anjuran puasa Nisfu Syaban tercantum dalam hadits yang diriwayatkan Ibn Majah dari Mu'awiyah bin Abdillah bin Ja'far,

"Jika masuk malam pertengahan bulan Syaban maka salatlah di malam harinya dan berpuasalah di siang harinya. Karena Allah turun ke langit dunia ketika matahari terbenam..."

Terdapat dalil Shahlil yang sebut Nabi SAW palin banyak berpuasa di bulan Syaba. Sebagaimana diriwayatkan oleh Aisyah RA.

"Tidaklah aku melihat Rasulullah berpuasa sebulan penuh kecuali bulan Ramadhan, dan tidaklah aku melihatnya puasa paling banyak dalam sebulan, kecuali bulan Syaban." (HR Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA:

Berdasarkan kalender Islam Kementerian Agama (Kemenag), puasa Nisfu Syaban 2024 akan dilaksanakan pada Minggu, 25 Februari 2024.

Malam Nisfu Syaban 2024 akan terjadi antara Sabtu, 24 Februari sampai Minggu, 25 Februari 2024.

Berikut ini akan memberikan tata cara daan doa puasa Nisfu Syaban.

Puasa Nisfu Syaban 2024

Dilansir dari NU Online pada Senin, 19 Februari 2024. puasa Nisfu Syaban 2024 hanya 1 hari pada tanggal 15 Syaban 1445 hijriah atau minggu, 25 Februari 2024.

Ari Nur Cahyo
Penulis
-->