Kesehatan

Jus Lidah Buaya, Obat Tradisional yang Direkomendasikan Para Ahli untuk Penderita Diabetes

fin.co.id - 22/02/2024, 12:12 WIB

Obat Tradisional, Lidah Buaya, Image: Mozo190 / Pexels

FIN.CO.ID - Diabetes, penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi, telah menjadi momok bagi banyak orang. 

Tak heran, penyakit ini dapat menimbulkan berbagai komplikasi serius. 

Kabar baiknya, jus lidah buaya, salah satu obat tradisional yang mudah didapat, diyakini mampu membantu mengontrol kadar gula darah dan menjadi solusi alternatif bagi penderita diabetes.

Pendapat Ahli

Para ahli, seperti Dr. Michael Greger dari New York University School of Medicine, merekomendasikan jus lidah buaya sebagai pendamping pengobatan diabetes.

Dr. Greger ini terkenal dengan penelitiannya tentang manfaat tanaman untuk kesehatan. 

Ia menyatakan bahwa lidah buaya mengandung senyawa aloin yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu tubuh memanfaatkan gula darah dengan lebih efektif.

Senada dengan Dr. Greger, Dr. Josh Axe, pakar kesehatan dan pendiri klinik pengobatan alami di Amerika Serikat, turut mendukung penggunaan jus lidah buaya untuk diabetes. 

Dr. Axe menjelaskan bahwa lidah buaya kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan peradangan, meningkatkan fungsi pencernaan, dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, faktor-faktor yang penting dalam mengendalikan diabetes.

Penelitian ilmiah pun menunjukkan hasil positif tentang obat tradisional ini.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Complementary and Integrative Medicine menemukan bahwa konsumsi jus lidah buaya selama 12 minggu dapat menurunkan kadar gula darah puasa dan HbA1c (tes gula darah rata-rata) pada pasien diabetes tipe 2.

Kesimpulan

Jus lidah buaya tak hanya bermanfaat bagi penderita diabetes, tetapi juga aman dikonsumsi. 

Rasa yang segar dan mudah diolah menjadikannya pilihan yang menarik untuk di gunakan sebagai obat tradisional. 

Dengan obat tradisional berbasis lidah buaya ini, banyak orang diharapkan dapat membantu mengontrol kadar gula darah secara alami.

Makruf
Penulis
-->