Kesehatan

Wasapadai! Migrain yang Menyerang Bagian Kiri Kepala, Perhatikan Hal Berikut Ini

fin.co.id - 21/02/2024, 15:31 WIB

Apakah Migrain Yang Menyerang Bagian Kiri Kepala Memerlukan Perhatian dan Diwaspadai?

FIN.CO.ID - Mungkin sakit kepala sudah bukan hal yang luar biasa bagi. Namun, harus diwaspadai jika Anda migrain dan merasakan sakit berdesnyut sdi sisi kiri kepala.  

Terlebih jika dibarengi dengan gejala mual, muntah, kepekaan terhadap cahaya, serta rasa mati rasa dan mati rasa di area wajah yang terkena migrain. 

'Lalu apa saja penyebab dan hal yang perlu diwaspadai?

Berikut penjelasannya yang dihimpun Fin.co.id di halodoc.com.

Apa penyebab migrain di kepala sebelah kiri?

Hingga saat ini, penyebab pasti dari migrain sebelah kiri belum diketahui secara pasti.

Para ahli medis menduga sakit kepala sebelah kiri ini mungkin ada kaitannya dengan pelebaran pembuluh darah di sekitar area otak.

BACA JUGA:

Selain itu, pada migrain sisi kiri dan kanan, terdapat beberapa kondisi yang dapat memicu dan meningkatkan risiko terjadinya migrain di kemudian hari, antara lain: Stres Saat sedang stres, tubuh akan melepaskan bahan kimia untuk mengatasi situasi tersebut, misalnya tujuan reaksi defensif atau melarikan diri.

Bahan kimia ini dapat menyebabkan ketegangan otot dan perubahan aliran darah, yang keduanya dapat menyebabkan migrain di kepala sebelah kiri.

Makanan dan minuman tertentu Makanan tertentu  diketahui memicu migrain, terutama yang mengandung bahan pengawet.

Makanan umum yang dapat memicu migrain antara lain keju tua, kacang-kacangan, dan daging olahan seperti sosis dan bacon.

BACA JUGA:

Selain makanan, beberapa minuman juga bisa memicu migrain di kepala sebelah kiri, seperti alkohol, terutama wine, dan terlalu banyak mengonsumsi kafein.

Perubahan pola tidur Kurang tidur, sulit tidur atau insomnia, serta terlalu banyak tidur  atau jet lag dapat menyebabkan sakit kepala sebelah kiri pada  beberapa orang.

Stimulasi sensorik Paparan cahaya terang dan sinar matahari yang terik dapat memicu migrain, begitu pula  paparan suara keras secara terus-menerus.

Noerma Puspita
Penulis
-->