Kesehatan

Mudah Lelah atau Nyeri Perut Bagian Atas? Waspada Bisa Jadi Semua Itu Gejala Penyakit Liver

fin.co.id - 20/02/2024, 19:28 WIB

Mudah Lelah atau Nyeri Perut Bagian Atas? Waspada Bisa Jadi Semua Itu Gejala Penyakit Liver

Waspada jika terjadi nyeri di perut bagian atas. Sumber foto: pixabay

FIN.CO.ID - Mungkin sebagian dari kita tidak menyadari gejala penyakit yang dapat menyebabkan penurunan fungsi hati ini.

Bagi Anda yang merasakan sejumlah gejala di bawah ini, ada baiknya segera periksakan diri ke dokter. 

Berikut gejala yang biasa dialami para penderita penyakit liver:  

1. Nyeri Perut

Pengidap penyakit liver juga bisa mengalami gejala awal berupa nyeri perut. Nyeri umumnya terjadi di perut bagian atas, tempat liver berada.

Nyeri perut ini bisa disebabkan oleh berbagai macam penyakit, seperti abses, hepatitis, pembesaran hati, dan lain sebagainya.

2. Kelelahan

Kelelahan merupakan salah satu gejala umum yang dialami pengidap penyakit liver. Tapi karena kelelahan juga bisa menjadi tanda penyakit lain, gejala sakit liver ini kerap tidak disadari dan diabaikan.

Kelelahan biasanya dialami oleh pengidap penyakit liver yang disebabkan oleh infeksi, seperti hepatitis. Ini karena untuk melawan infeksi virus hepatitis, sistem kekebalan membutuhkan lebih banyak energi sehingga menyebabkan tubuh menjadi lebih mudah lelah.

Mengingat kelelahan juga bisa menjadi gejala penyakit lain, berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan diagnosis pasti dan pengobatan yang sesuai.

BACA JUGA :Ketahui Jenis Penyakit Rematik Beserta Gejala dan Penyebabnya

BACA JUGA: 5 Penyebab Penyakit Jantung yang Kerap Disepelekan: Duduk Terlalu Lama Salah Satunya

3. Kulit dan Mata Menguning

Gejala sakit liver yang umum terjadi tapi sering tidak disadari adalah jaundice, atau yang dikenal juga dengan sebutan penyakit kuning.

Gejala ini ditandai dengan perubahan warna pada kulit dan sklera mata yang berubah kekuningan. Jaundice disebabkan oleh tingginya kadar bilirubin dalam darah.

Eko Nugros
Penulis
-->