Kesehatan

Ketahui Jenis Penyakit Rematik Beserta Gejala dan Penyebabnya

fin.co.id - 18/02/2024, 20:32 WIB

Ketahui Jenis Penyakit Rematik Beserta Gejala dan Penyebabnya

Ketahui Jenis Penyakit Rematik Beserta Gejala dan Penyebabnya

FIN.CO.ID - Arthritis dapat berkembang sebagai hasil dari peradangan sendi atau gangguan autoimun yang menyerang jaringan sendi, mempengaruhi kualitas hidup individu.

Penyakit rematik adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan berbagai kondisi yang menyebabkan peradangan, nyeri, dan gangguan pada sistem muskuloskeletal, termasuk otot, sendi, tulang, dan jaringan lunak di sekitarnya.

Berikut adalah beberapa jenis penyakit rematik yang umum:

1. Osteoarthritis

Merupakan jenis penyakit rematik yang paling umum. Terjadi ketika tulang rawan yang melapisi ujung tulang di dalam sendi rusak atau aus, menyebabkan rasa sakit, kaku, dan kekakuan sendi.

2. Rheumatoid arthritis

Merupakan penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sendi, menyebabkan peradangan kronis, kerusakan sendi, dan deformitas.

3. Lupus

Merupakan penyakit autoimun yang dapat mempengaruhi berbagai bagian tubuh, termasuk sendi, kulit, ginjal, otak, dan organ lainnya.

4. Gout Artritis (encok)

Disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di dalam sendi, yang menyebabkan peradangan akut dan nyeri hebat, terutama di sendi kaki, seperti jempol kaki.

5. Fibromyalgia

Merupakan kondisi yang menyebabkan nyeri otot dan kelelahan kronis, sering kali terjadi di seluruh tubuh.

6. Spondyloarthritis

Sebuah kelompok penyakit yang meliputi beberapa kondisi, termasuk ankylosing spondylitis, psoriatic arthritis, dan beberapa bentuk artritis lainnya yang mempengaruhi tulang belakang dan sendi besar.

7. Polimialgia rheumatika

Sebuah kondisi yang menyebabkan nyeri dan kekakuan otot, terutama di daerah bahu dan pinggul.

8. Sjögren's syndrome

Sebuah penyakit autoimun yang mempengaruhi kelenjar yang memproduksi air mata dan air liur, menyebabkan mata dan mulut kering.

9. Polimiositis dan dermatomiositis

Merupakan penyakit inflamasi otot yang menyebabkan nyeri, kelemahan otot, dan kadang-kadang ruam kulit.

10. Beberapa jenis vasculitis

Ini adalah kondisi di mana pembuluh darah mengalami peradangan, yang dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk nyeri sendi.

Penting untuk dicatat bahwa setiap jenis penyakit rematik memiliki karakteristik, gejala, dan pengobatan yang berbeda. Jika Anda mengalami gejala yang mencurigakan, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.

Gejala rematik 

Gejala penyakit rematik termasuk nyeri dan kekakuan sendi, pembengkakan, kelemahan otot, dan sensasi kesemutan. Keterbatasan gerakan, kelelahan berlebihan, penurunan berat badan, demam, serta gangguan tidur dan pencernaan juga sering terjadi.

Penyebab dan faktor risiko penyakit reumatik

Penyakit ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sendi, otot, tulang, dan organ tubuh lainnya. Sampai saat ini, belum semua penyakit rematik dapat dijelaskan sebabnya.

Mega Oktaviana
Penulis
-->