Kesehatan

Sederet Manfaat Kurma Saat Buka Puasa dan Sahur di Bulan Ramadan

fin.co.id - 17/02/2024, 06:31 WIB

Sederet Manfaat Kurma Saat Buka Puasa dan Sahur di Bulan Ramadan

Inilah Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Saat Buka Puasa Dan Sahur

!-- [if gte mso 9]> !-- [if gte mso 9]>

FIN.CO.ID - Buah kurma sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Pun jika dikonsumsi pada bulan Ramadan.

Mengkonsumsi kurma pada bulan Ramadan saat berbuka puasa dan sahur, sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW, juga terbukti memberikan manfaat positif bagi kesehatan.

Manfaat Kurma di Bulan Puasa 

Inilah beberapa keunggulan kurma bagi kesehatan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa atau sahur selama bulan Ramadhan.

1. Kurma Kaya Akan Nutrisi

Kurma memiliki profil gizi yang sangat baik karena proses pengeringannya, sehingga memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi daripada sebagian besar buah segar. Kandungan kalori kurma serupa dengan buah kering lainnya seperti kismis dan buah ara.

Buah Kurma--Foto : freepik.com

2. Buah Kurma Tinggi Serat

Selama berpuasa, penting untuk memastikan kebutuhan serat tubuh terpenuhi. Mengonsumsi satu porsi kurma sekitar 100 gram setiap hari selama puasa dapat meningkatkan asupan serat yang dibutuhkan tubuh. Serat sangat penting untuk kesehatan, terutama dalam menjaga kesehatan pencernaan dengan mencegah sembelit.

3. Antioksidan Kurma Bantu Lawan Penyakit

Antioksidan berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas, yaitu molekul tidak stabil yang dapat menimbulkan reaksi berbahaya dalam tubuh. Dibandingkan dengan buah-buahan kering lainnya seperti buah ara dan buah prem, kurma tampaknya memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi.

BACA JUGA:

4. Meningkatkan Fungi Otak

Mengonsumsi buah kurma, apakah itu saat berpuasa, sedang menjalani diet, atau secara rutin setiap hari, juga dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan otak.

Mega Oktaviana
Penulis
-->