Kesehatan

5 Obat Kutu Rambut yang Paling Manjur untuk Membasmi Kutu

fin.co.id - 10/02/2024, 20:55 WIB

5 Obat Kutu Rambut yang Paling Manjur untuk Membasmi Kutu

FIN.CO.ID - Penggunaan obat kutu rambut yang tepat sesuai petunjuk dokter sangat penting untuk memastikan efektivitasnya dan menghindari efek samping.

Beberapa obat kutu rambut memiliki kemampuan untuk membasmi baik kutu maupun telurnya.

Sementara yang lain hanya efektif dalam membunuh kutu dewasa saja, sehingga memerlukan penggunaan ulang.

Berikut beberapa pilihan obat kutu rambut:

1. Losion permethrin 1%

Permethrin merupakan salah satu obat kutu yang bisa dibeli tanpa resep dokter. Bahan aktifnya berasal dari ekstrak alami bunga krisan dan aman digunakan untuk anak di atas usia 2 bulan.

Sebelum mengaplikasikan permethrin, disarankan untuk mencuci rambut dengan sampo terlebih dahulu agar telur kutu dapat terangkat dari batang rambut. Setelah itu, oleskan permethrin secara merata ke rambut dan kulit kepala, dan biarkan selama 10 menit sebelum dibilas.

Permethrin hanya efektif membunuh kutu dewasa, bukan telur mereka, sehingga diperlukan perawatan lanjutan 9-10 hari kemudian ketika telur menetas. Obat ini sebaiknya tidak digunakan oleh orang yang memiliki alergi terhadap bunga krisan karena dapat menyebabkan reaksi alergi yang serius.

2. Ivermectin

Ivermectin harus digunakan sesuai dengan resep dokter. Berbeda dengan permethrin, obat kutu rambut ini memiliki kemampuan untuk membunuh baik kutu maupun telurnya.

Losion ivermectin dapat digunakan untuk mengatasi kutu rambut pada orang dewasa dan anak usia 6 bulan ke atas. Penggunaannya dengan cara mengoleskannya langsung pada kulit kepala dan rambut yang kering, lalu bilas setelah 10 menit.

Selain itu, tablet ivermectin dapat diberikan kepada orang dewasa dan anak dengan berat badan lebih dari 15 kg jika penggunaan losion tidak memberikan hasil yang memadai dalam menghilangkan kutu rambut.

3. Losion benzil alkohol

Losion benzil alkohol merupakan salah satu opsi obat kutu rambut yang aman digunakan oleh ibu hamil atau menyusui, serta bayi dengan usia minimal 6 bulan. Namun, obat ini hanya tersedia dengan resep dokter.

Untuk penggunaannya, Anda dapat menyisir rambut terlebih dahulu tanpa membasahi, lalu oleskan losion benzil alkohol secara merata pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama sekitar 10 menit sebelum membilasnya.

Perlu diketahui bahwa losion benzil alkohol hanya efektif dalam membunuh kutu hidup, sementara telurnya tidak terpengaruh. Oleh karena itu, disarankan untuk mengulangi penggunaan obat ini setelah satu minggu untuk mengatasi kutu yang baru menetas.

4. Losion malathion

Losion malathion merupakan obat kutu rambut yang sangat efektif untuk menghilangkan kutu dan telurnya. Obat ini dapat digunakan oleh anak usia 2 tahun ke atas dengan resep dokter.

Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan langsung obat ini ke rambut yang kering, kemudian diamkan selama 8-12 jam sebelum dibersihkan dengan mencuci rambut. Perlu diperhatikan bahwa losion malathion mengandung alkohol tinggi, sehingga disarankan untuk menjauhkannya dari rokok dan peralatan listrik yang dapat menghasilkan panas.

5. Obat oles spinosad

Obat oles spinosad dapat digunakan untuk anak usia 6 bulan ke atas. Obat ini harus digunakan dengan hati-hati dan pastikan tidak mengenai mata karena dapat menyebabkan iritasi. Anda dapat mengoleskan spinosad secara merata ke kulit kepala dan rambut kering, kemudian tutupi rambut dengan handuk selama 10 menit.

Mega Oktaviana
Penulis
-->