Kesehatan

Yuk! Konsumsi Buah Setelah Berolahraga, No 1 Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama

fin.co.id - 09/02/2024, 23:03 WIB

Pisang mengandung karbohidrat yang tinggi dan mudah dicerna oleh tubuh.

FIN.CO.ID – Jika muncul pertanyaan buah apa yang mesti dikonsumsi setelah berolahraga, jawabannya ada di sini.

Diketahui buah tentunya sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Banyak nutrisi dan vitamin yang dihasilkan oleh buah segar. Tak jarang, buah-buahan juga banyak dikonsumsi bagi mereka yang ingin diet.

Bagi kalian yang gemar berolah raga, berikut buah-buahan yang menyehatkan dan pengganti kabohidrat: 

1. Pisang

Pisang merupakan buah yang sangat cocok dikonsumsi setelah berolahraga. Buah ini mengandung karbohidrat yang tinggi dan mudah dicerna oleh tubuh. Sehingga bisa membantu tubuh untuk memulihkan energi yang hilang selama berolahraga. Pisang juga mengandung kalium yang efektif mengatur keseimbangan elektrolit dalam tubuh serta mengandung serat yang cukup tinggi. Efeknya membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Manfaat Pisang untuk Kesehatan--(Istimewa)

2. Apel

Apel merupakan buah yang sangat baik untuk kesehatan dan pemulihan tubuh setelah berolahraga. Salah satu kandungan yang terdapat pada apel adalah serat. Serat dapat mengurangi peradangan dan memperbaiki pencernaan. Apel juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu tubuh untuk membentuk kolagen sehingga dapat mempercepat proses pemulihan jaringan otot dan tulang setelah berolahraga.

3. Buah Beri

Buah beri, seperti blueberry dan raspberry, merupakan sumber antioksidan yang sangat baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga. Dilansir dari Medical News Today, antioksidan pada buah beri dapat mengurangi peradangan dan stres oksidatif pada tubuh akibat aktivitas fisik yang berat. Beri juga mengandung senyawa flavonoid, seperti quercetin dan kaempferol, yang dapat melindungi sel-sel  dari kerusakan dan mempercepat pemulihan tubuh.

4. Jeruk

Dilansir dari Verywell Fit, jeruk mengandung vitamin C yang sangat tinggi, sehingga sangat baik dikonsumsi setelah berolahraga. Hal ini dikarenakan vitamin C dapat membantu tubuh memerangi radikal bebas dan peradangan yang disebabkan oleh olahraga. Vitamin C juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh memulihkan diri lebih cepat setelah berolahraga.

5. Kiwi

Kiwi adalah salah satu buah yang kaya akan nutrisi penting, seperti vitamin C, kalium, dan antioksidan. Kandungan nutrisi tersebut membuat kiwi menjadi salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga.

6. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat dan serat, serta vitamin dan mineral penting. Lemak sehat membantu dalam penyerapan vitamin larut dalam lemak dan memperbaiki fungsi otot. Lemak dalam alpukat juga bisa menggantikan cadangan energi tubuh yang hilang setelah latihan. (*)

 

Eko Nugros
Penulis
-->