Kesehatan

Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Mengatasinya

fin.co.id - 05/02/2024, 15:02 WIB

air lemon berkhasiat meredam gusi bengkak

FIN.CO.ID - Pernah mengalami gusi bengkak? Masalah ini tentu akan sangat mengganggu, mulai dari saat makan bahkan hingga tidur. Nah sebelum membahas tentang cara mengobati gusi bengkak, ada baiknya untuk mengetahui apa saja faktor yang bisa menjadi penyebab gusi bengkak.

Gusi yang bengkak biasanya ditandai dengan bagian gusi yang mengalami pembesaran, menonjol, dan menggelembung. Kondisi ini merupakan tanda awal dari peradangan gusi yang bersifat kronis. Bila mengalami kondisi yang demikian, perlu bagi Anda untuk dapat segera mengatasinya.

BACA JUGA:

Gusi bengkak disebabkan oleh beberapa hal. Apa saja itu?

1. Sisa-sisa Makanan

Sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan baik dan tertinggal di sela-sela antara gigi dan gusi akan mengundang kuman dan bakteri masuk. Bila terus dibiarkan, bakteri dan kuman akan menumpuk sehingga menyebabkan gusi bengkak.

2. Hormon

Gusi bengkak karena pengaruh hormon seringkali terjadi pada perempuan, khususnya dalam kondisi hamil. Perubahan kadar hormon karena kehamilan merupakan penyebab utamanya, dan biasanya hanya bersifat sementara.

3. Obat-obatan

Beberapa jenis obat ternyata dapat menjadi penyebab gusi membengkak. Contohnya obat menurunkan tekanan darah. Obat ini menyebabkan pertumbuhan berlebih pada jaringan gusi sehingga mengakibatkan pembengkakan.

4. Iritasi

Iritasi terjadi karena reaksi alergi terhadap bahan-bahan tertentu yang terkandung pada makanan, minuman, pasta gigi atau produk-produk mulut lainnya. Reaksi alergi akan menyebabkan jaringan gusi menjadi merah dan kemudian membengkak. Pada kondisi yang lebih serius, bisa menyebabkan gusi berdarah.

5. Tumpukan Plak dan Karang Gigi (Kalkulus)

Plak sendiri merupakan lapisan lunak yang tidak terlihat, dan melekat erat pada permukaan gigi yang dibentuk oleh bakteri pada mulut. Plak muncul ketika Anda tidak rajin menjaga kesehatan mulut. Akibatnya akan menimbulkan zat berwarna kuning pada gigi. Sementara karang gigi adalah plak yang terkalsifikasi atau mengeras. Apabila menumpuk dan tidak dibersihkan, bisa jadi mengakibatkan peradangan pada gusi.

6. Kurang Vitamin

Eko Nugros
Penulis
-->