Kesehatan

Kenali Ciri-ciri Skin Barrier Rusak, Ini Salah Satunya Penyebabnya

fin.co.id - 04/02/2024, 17:34 WIB

Kenali Ciri-ciri Skin Barrier Rusak, Ini Salah Satunya Penyebabnya

Segera kenali beberapa ciri-ciri khusus skin barrier rusak dan beberapa penyebabnya. Foto Pixabay

FIN.CO.ID - Segera kenali beberapa ciri-ciri khusus skin barrier rusak dan beberapa penyebabnya. Skin Barrier merupakan lapisan khusus pada kulit yang melindungi lapisan lain di bawahnya. Lapisan pelindung yang menjaga kelembapan kulit.

Selain perannya yang sangat penting dalam menjaga kelembapan dan kesehatan kulit, lapisan pelindung kulit juga rentan mengalami kerusakan akibat berbagai faktor internal dan eksternal.

Jika pelindung kulit rusak, kulit wajah cenderung kering, merah, bahkan mengelupas. Tidak jarang kerusakan pada pelindung kulit menimbulkan banyak ciri lain yang mempengaruhi berkembangnya masalah kulit wajah.

BACA JUGA:

Rusaknya skin barrier mempengaruhi jumlah hidrasi pada kulit wajah. Hal ini menyebabkan kulit kehilangan kelembapan dan terasa kering.

Ciri-ciri lain yang dapat diakibatkan oleh dehidrasi pada pelindung kulit antara lain wajah  terasa sesak atau sesak, tekstur kasar, dan cenderung mengiritasi kulit.

Jika pelindung kulit yang rusak tidak diperbaiki, kulit bisa menjadi gatal atau mengelupas. Warna kulit menjadi tidak merata, sering kali beberapa area menjadi merah atau bahkan lebih gelap.

BACA JUGA:

Bahkan pada kulit wajah yang penghalang kulitnya terganggu, cedera memperlambat proses penyembuhan.

Selain menyebabkan banyak ciri-ciri di atas terkait dengan penurunan kelembapan kulit, kerusakan pada pelindung kulit juga dapat menjadi sasaran infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus.

Jika lapisan ini rusak, kulit wajah jadi lebih rentan berjerawat dan berbagai masalah kulit lainnya. Berikut ini penyebab skin barrier bisa rusak

Gunakan Tabir Surya  Secara Teratur Yang tak kalah pentingnya: Ingatlah untuk menggunakan tabir surya  secara rutin.

BACA JUGA:

Paparan sinar matahari pada kulit wajah dalam waktu lama memperburuk kerusakan pelindung kulit. Anda dapat menghindari masalah ini dengan menggunakan tabir surya.

Makanlah makanan bergizi seimbang yang kaya akan antioksidan. Selain produk perawatan kulit dan perawatan yang tepat, Anda juga dapat meningkatkan pelindung kulit dengan mengonsumsi makanan sehat.

Lovvi Malino
Penulis
-->