Kesehatan

Punya Masalah Asam Lambung? Jangan Khawatir, Begini Cara Mengatasinya

fin.co.id - 02/02/2024, 22:02 WIB

obat asam lambung

FIN.CO.ID - Asam lambung yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Seperti heartburn, GERD (gastroesophageal reflux disease), atau gastritis. Untuk mengatasi masalah ini, banyak orang mencari obat asam lambung yang efektif.

Namun, sangat penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum memulai pengobatan apa pun. Salah satu kelas obat yang umum digunakan untuk mengurangi produksi asam lambung adalah penghambat pompa proton (PPI) seperti omeprazole, lansoprazole, atau esomeprazole.

Obat-obat ini bekerja dengan menghambat pompa asam dalam lambung, mengurangi produksi asam secara signifikan. PPI biasanya diresepkan untuk pengobatan jangka pendek dan harus dikonsumsi sesuai petunjuk dokter.

Meskipun obat-obatan ini dapat memberikan bantuan segera, perubahan gaya hidup juga penting untuk mengelola asam lambung.

Hindari makanan pedas, berlemak, dan asam, serta makan dalam porsi kecil lebih sering daripada makan besar. Hindari makan sebelum tidur dan pertahankan berat badan yang sehat.

BACA JUGA:

Penting untuk diingat bahwa penggunaan obat asam lambung sebaiknya hanya sesuai dengan arahan dokter. Penggunaan jangka panjang atau dosis yang tidak sesuai dapat memiliki risiko efek samping. Diskusikan dengan dokter mengenai gejala Anda dan pilihan pengobatan terbaik berdasarkan kondisi kesehatan dan kebutuhan individu Anda.

Obat Untuk Mengatasi Asam Lambung Antara Lain:

  • Promag Tablet Obat ini mengandung bahan aktif aluminium hidroksida dan magnesium hidroksida yang bekerja menetralkan asam lambung
  • Polysilane Suspensi Mengandung bahan aktif silikon dioksid gel yang dapat membantu mengatasi masalah asam lambung seperti gangguan pencernaan, perut kembung, dan rasa tidak nyaman di perut
  • Famocid (Lansoprazole) Obat ini termasuk dalam golongan inhibitor pompa proton yang berfungsi mengurangi produksi asam lambung
  • Mylanta Suspensi Mengandung magnesium hidroksida yang berperan sebagai antasida untuk meningkatkan pH asam lambung melalui reaksi netralisasi
  • Antasida Doen Mengandung aluminium hidroksida dan magnesium hidroksida yang bekerja menetralkan asam lambung dan mengurangi gejala yang berkaitan dengan kelebihan asam lambung

BACA JUGA:

Sebelum mengonsumsi obat asam lambung, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter agar dapat memperoleh rekomendasi obat yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda

Perlu dicatat bahwa obat-obatan ini dapat memiliki efek samping dan interaksi dengan obat-obatan lain. Jangan menggunakan obat ini tanpa rekomendasi dokter.

Selain itu, pengobatan asam lambung sebaiknya diikuti dengan perubahan gaya hidup, seperti menghindari makanan yang memicu asam lambung, makan dalam porsi kecil, dan menjaga berat badan yang sehat.

Sesuaikan pilihan obat dengan kondisi kesehatan Anda dan ikuti arahan dokter. Jangan ragu untuk bertanya kepada profesional kesehatan Anda mengenai efek samping, dosis, dan interaksi obat sebelum memulai pengobatan.

  BACA JUGA:

 

Mega Oktaviana
Penulis
-->