Otomotif

Bangkitkan Industri Lokal, Pemerintah Dukung Perekembangan Modifikasi Otomotif di Indonesia

fin.co.id - 2024-01-29 12:47:39 WIB

Saber Industries mewakili Indonesia di Modification and Lifestyle Expo Osaka Auto Messe Jepang

FIN.CO.ID - Kementrian Perindustrian mendukung Industri Modifikasi Otomotif, yang belakangan semakin hari semakin berkembang di Indonesia.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan, industri modifikasi memberi nilai tambah dan efek berganda terutama yang berskala industri kecil dan menengah (IKM).

"Saya berharap semangat dan mimpi para modifikator di Indonesia turut berperan menjadi motor dalam mewujudkan visi kita dalam mengakselerasi pertumbuhan industri otomotif berbasis modifikasi di tanah air," ungkap Agus Gumiwang saat dikutip, Senin 29 Januari 2024.

Menurutnya, Industri Modifikasi Otomotif belakangan semakin tumbuh di Indonesia secara perlahan, karena bermula dari hobi masyarakat.

BACA JUGA :

Adanya hobi modifikasi, dinilai mempunyai potensi ekonomi yang cukup tinggi, sehingga dapat didorong untuk menjadi sebuah industri tersendiri.

"Untuk industri ini juga perlu adanya pengembangan ekosistem, khususnya yang berbasis inovasi," jelasnya.

Pihaknya memberikan apresiasi kepada National Modificator & Aftermarket Association (NMAA), yang konsisten mengembangkan industri modifikasi.

Agus Gumiwang berpesan kepada NMAA untuk selalu mempromosikan industri modifikasi Indonesia ke Internasional, serta terus menyelenggarakan pameran di tanah air.

BACA JUGA :

"Tunjukkan kemampuan dan kreativitas karya anak bangsa, tingkatkan rasa bangga kita atas keragaman budaya dan kearifan lokal bangsa Indonesia," kata Agus Gumiwang.

Ia juga mendukung modifikator lokal, untuk mendukung terciptanya kendaraan rendah emisi, sebagai bukti nyata mengakselerasi penurunan emisi gas rumah kaca.

"Jadikan keragaman yang kita miliki menjadi ide-ide kreatif modifikasi yang tidak dimiliki oleh negara lain. Nilai-nilai positif ini lah yang pada akhirnya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional Indonesia," ucapnya.

Dukungan pemerintah terhadap Industri Modifikasi Otomotif, bertujuan untuk menghasilkan karya modifikasi yang mampu bersaing di ajang internasional.

Admin
Penulis