Kesehatan

Apa Itu Penyakit X ? Pandemi Baru yang Dikhawatirkan WHO

fin.co.id - 19/01/2024, 09:27 WIB

Ilustrasi WHO

FIN.CO.ID - Simak informasi mengenai penyakit X yang diperingatkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

WHO soroti pentingnya siap hadapi penyakit X. Negara akan mencapai kesepakatan pandemi pada bulan Mei untuk mengatasi 'musuh bersama' ini.

“Perjanjian pandemi dapat menyatukan seluruh pengalaman, tantangan yang sudah kita hadapi dan semua solusi menjadi satu,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Davos, Swiss.

WHO memperkenalkan istilah Penyakit X pada 2018 untuk menggambarkan penyakit yang tidak diketahui

BACA JUGA:

Tedros mengatakan ada kemungkinan hal yang belum diketahui bisa terjadi di masa depan, dan hal itu 'hanya soal waktu, bukan jika'.

“Kita tidak boleh menghadapi sesuatu yang seperti itu tanpa persiapan, kita juga harus bersiap menghadapi sesuatu yang tidak diketahui,” kata dia dalam diskusi panel bertajuk “Bersiap untuk Penyakit X.”

Tedros juga menekankan pentingnya kesehatan primer, seperti yang telah ditunjukkan oleh pandemi COVID-19.

“Bahkan masyarakat dapat bersiap-siap menghadapi Penyakit X,” kata dia, seraya menambahkan bahwa kesehatan masyarakat, pendidikan, dan komunikasi harus menjadi prioritas utama.

Tedros kembali menekankan pentingnya perjanjian pandemi dan menegaskan bahwa kesepakatan itu dapat membantu dunia mempersiapkan masa depan dengan lebih baik.

“Karena ini adalah musuh bersama, dan tanpa respons bersama, yang dimulai dari kesiapsiagaan kita akan menghadapi masalah yang sama seperti COVID-19,” katanya, menambahkan.

Lantas seperti apakah penyakit X yang mulai diperingatkan oleh WHO?

BACA JUGA:

Mengenal Penyakit X

Dilansir dari unmc.edu pada 19 Januari 2024, penyaki X adalah nama penyakit yang disebabkan oleh ancaman mikroba yang belum diketahui namun serius.

Ari Nur Cahyo
Penulis
-->