Kesehatan

5 Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan, dari yang Simple hingga Luar Biasa

fin.co.id - 17/01/2024, 08:11 WIB

5 Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan, dari yang Simple hingga Luar Biasa

Manfaat Lari Pagi, Image: Philip Ackermann / Pexels

FIN.CO.ID - Bicara olahraga, maka lari pagi adalah salah satu yang terpopuler dilakukan orang. 

Lari pagi adalah salah satu jenis olahraga aerobik yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. 

Kamu bisa lari di sekitar rumah, di taman, di stadion, atau di tempat lain yang kamu suka. 

Kamu juga bisa lari sendiri, bersama teman, atau bersama keluarga. 

Yang penting, kamu lari dengan pakaian dan sepatu yang nyaman, serta minum air putih sebelum dan sesudah lari.

Namun lari pagi bukan tanpa tujuan. Karena setiap orang yang melakukannya berharap akan manfaat lari pagi bagi kesehatan mereka. 

 

Manfaat Lari Pagi 

  1. Menurunkan berat badan
  2. Menjaga stamina
  3. Memperkuat tulang
  4. Memperbaiki mood
  5. Membuat tidur lebih nyenyak

Dengan menyadari manfaatnya, orang jadi lebih termotivasi untuk rutin melakukannya. 

Di artikel ini, FIN akan mejelaskan tentang manfaat lari pagi untuk kesehatan, dari yang paling simple hingga luar biasa. 

Yuks, langsung aja simak artikelnya hingga selesai. 

Manfaat Lari Pagi #1

Menurunkan berat badan

Lari pagi bisa membakar kalori dan lemak di dalam tubuh, sehingga sangat cocok untuk mendukung program diet atau penurunan berat badan. Jumlah kalori yang dibakar saat lari akan bervariasi berdasarkan ukuran tubuh, kecepatan lari, dan lamanya lari. Namun, secara umum, lari selama 30 menit bisa membakar hingga 670 kalori. Menurut penelitian, lari secara rutin dengan total 3 jam dalam seminggu dapat menjaga berat badan tetap ideal. Angka tersebut mungkin terdengar besar, tapi kamu bisa membaginya menjadi 30 menit setiap hari.

Manfaat Lari Pagi #2

Menjaga stamina

Mengawali hari dengan lari pagi bisa menjaga stamina tetap prima sepanjang hari. Bahkan, lari pagi juga dapat meningkatkan konsentrasi selama beraktivitas di siang hari sehingga kamu bisa bekerja dengan efektif dan lebih produktif. Untuk memperoleh manfaat lari pagi ini secara maksimal, kamu perlu menyeimbangkannya dengan sarapan di pagi hari setelah berolahraga dan memberikan jeda untuk istirahat di tengah kesibukan pekerjaan.

Makruf
Penulis
-->