Otomotif

Jangan Panik, Ini Tips dan Trik Apabila Mobil Terendam Banjir Saat Musim Hujan

fin.co.id - 12/01/2024, 19:47 WIB

Ilustrasi banjir

JAKARTA, FIN.CO.ID - Memasuki musim hujan, fenomena banjir menjadi tantangan besar bagi para pemilik kendaraan, khususnya kendaraan roda empat.

Sangat disarankan, pemilik kendaraan tidak memaksakan diri untuk menerjang banjir yang lsangat dalam, karena membahayakan kondisi mobil. 

Apabila banjir terlalu tinggi, dapat menghentikan laju mobil akibat dorongan ombak yang sangat kencang dan akhirnya merendam bagian mesin.

Berikut merupakan beberapa langkah yang sudah fin.co.id rangkum, untuk mencegah kerusakan pada mobil apabila banjir terlalu tinggi.

BACA JUGA :

1. Pastikan Tutup Kenalpot Mobil

Bila hujan semakin deras di wilayah anda dan sulit melakukan evakuasi, pastikan mobil anda berada di posisi parkir yang tidak terlalu tergenang air.

Usahakan menutup lubang knalpot mobil untuk mencegah air masuk ke dalam sistem saluran pembuangan, serta kunci mobil agar seluruh barang tetap aman.

2. Lepas Kabel Negatif Aki

Guna mencegah korsleting listrik, lepaskan kabel negatif aki di mobil anda. Langkah ini dapat membantu melindungi sistem kelistrikan mobil, dari kerusakan akibat air.

BACA JUGA :

3. Jangan Langsung Menyalakan Mobil

Menyalakan mesin ketika mobil terendam atau usai terendam banjir, dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mesin dan sistem lainnya.

Kerusakan itu disebabkan, karena akan ada potensi besar sisa air banjir yang masih tersisa di dalam sistem elektrikal ataupun jeroan mesin.

4. Cek Kondisi Oli 

Tuahta Aldo
Penulis
-->