Kesehatan

6 Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi: Salah Satunya dengan Pemberian ASI

fin.co.id - 02/01/2024, 11:00 WIB

Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi, Image: Ben_Kerckx / Pixabay

Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi - Dahak atau lendir adalah cairan yang biasanya keluar dari hidung atau mulut bayi saat dia batuk atau pilek. 

Dahak sebenarnya berfungsi untuk menjaga saluran pernapasan bayi tetap lembap dan mencegah kuman masuk ke dalam tubuh. 

Namun, jika dahak terlalu banyak, bayi bisa merasa tidak nyaman dan kesulitan bernapas, makan, atau tidur. 

Makanya, Anda perlu tahu cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan aman dan efektif.

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengeluarkan dahak pada bayi, antara lain:

Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi #1

Menggunakan alat penghisap khusus (rubber bulb atau nasal aspirator)

Alat ini berbentuk seperti pipet karet yang bisa menyedot cairan dari hidung bayi. Caranya, posisikan kepala bayi sedikit lebih rendah dari tubuhnya, lalu masukkan ujung alat ke lubang hidung bayi dan isap perlahan. Ulangi sampai dahak keluar dari hidung bayi. Bersihkan alat setelah digunakan dengan air hangat dan sabun.

Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi #2

Menyemprotkan larutan garam (saline) ke hidung bayi

Larutan garam bisa membantu mengencerkan dahak yang kental, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Anda bisa membeli larutan garam di apotek atau membuatnya sendiri dengan mencampurkan 1/4 sendok teh garam dengan 240 ml air matang. Caranya, semprotkan atau teteskan larutan garam ke setiap lubang hidung bayi sesuai kebutuhan, lalu hisap dengan alat penghisap.

Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi #3

Menepuk-nepuk punggung bayi

Cara ini bisa mengeluarkan dahak yang terperangkap di saluran napas bayi. Caranya, gendong bayi dengan posisi tegak, lalu tepuk-tepuk punggungnya dengan lembut. Anda juga bisa menengkurapkan bayi di atas pangkuanmu dengan posisi kepala sedikit lebih rendah dari tubuhnya, lalu tepuk-tepuk punggungnya.

Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi #4

Menyalakan humidifier

Humidifier adalah alat yang bisa melembapkan udara. Uap yang dihasilkan dari alat ini bisa membantu mengencerkan dahak. Caranya, nyalakan humidifier di kamar bayi saat dia tidur. Pastikan humidifier tetap bersih dan terhindar dari jamur dengan membersihkan dan mengganti airnya secara berkala.

Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi #5

Meninggikan posisi tidur bayi

Cara ini bisa membantu dahak mengalir keluar dan memudahkan bayi bernapas. Caranya, letakkan bantal tambahan di bawah kasur bayi atau di bawah punggung bayi. Jangan meletakkan bantal di bawah kepala bayi, karena bisa meningkatkan risiko tersedak.

Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi #6

Memberikan ASI

ASI bisa membantu bayi mengeluarkan dahak melalui feses. Caranya, berikan ASI secara rutin dan sesering mungkin kepada bayi. ASI juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh bayi dan mencegah infeksi.

Itulah beberapa cara mengeluarkan dahak pada bayi yang bisa kamu coba di rumah. Jika cara-cara di atas tidak berhasil atau bayi tampak kesulitan bernapas, segera bawa bayi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Makruf
Penulis
-->