Kesehatan

Cara Mengaktifkan BPJS Kesehatan agar Bisa Digunakan Berobat

fin.co.id - 30/12/2023, 09:27 WIB

Cara Mengaktifkan BPJS Kesehatan, Image: Andrea Piacquadio / Pexels

Cara Mengaktifkan BPJS Kesehatan - BPJS Kesehatan adalah program pemerintah yang bertujuan untuk memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia. 

Dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat, seperti pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, iuran yang terjangkau, dan perlindungan finansial jika sakit atau mengalami kecelakaan.

Namun bagi mereka yang belum memilikinya, pasti bertanya nih, bagaimana cara mengaktifkan BPJS Kesehatan? 

Apa saja syarat dan prosedurnya? Nah untuk menjawab pertanyaan Anda, FIN sudah menyiapkan info yang dibutuhkan. 

Cara Mengaktifkan BPJS Kesehatan

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

Daftar menjadi peserta BPJS Kesehatan

Anda bisa mendaftar secara online di website resmi BPJS Kesehatan, atau datang langsung ke kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat. Anda perlu menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti KTP, KK, akta kelahiran, dan lain-lain. Kamu juga perlu memilih jenis peserta, yaitu Pekerja Penerima Upah (PPU), Bukan Pekerja Penerima Upah (BPJS), atau Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Bayar iuran BPJS Kesehatan

Setelah mendaftar, Anda akan mendapatkan nomor kepesertaan dan kartu BPJS Kesehatan. Anda perlu membayar iuran BPJS Kesehatan setiap bulannya, sesuai dengan kelas yang Anda pilih. Anda bisa membayar iuran melalui bank, ATM, e-banking, e-commerce, atau loket pembayaran yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Anda bisa cek iuran BPJS Kesehatan Anda melalui website, aplikasi Mobile JKN, SMS, call center, atau media sosial resmi BPJS Kesehatan.

Aktifkan kartu BPJS Kesehatan

Setelah membayar iuran, Anda perlu mengaktifkan kartu BPJS Kesehatan Anda. Caranya, Anda bisa menghubungi call center 1500 400, atau datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat. Anda perlu menunjukkan kartu BPJS Kesehatan dan bukti pembayaran iuran. Setelah itu, Anda akan mendapatkan PIN untuk mengakses layanan BPJS Kesehatan.

Gunakan kartu BPJS Kesehatan

Setelah mengaktifkan kartu BPJS Kesehatan, Anda bisa menggunakan kartu tersebut untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Anda bisa memilih fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), seperti puskesmas, klinik, atau dokter praktik, sebagai tempat berobat pertama kali. Jika perlu, Anda bisa dirujuk ke fasilitas kesehatan tingkat lanjutan (FKTL), seperti rumah sakit, dengan surat rujukan dari FKTP. Anda juga bisa mengajukan klaim jika mengalami kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

 

Itulah cara mengaktifkan BPJS Kesehatan yang perlu Anda ketahui. Dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan, Anda bisa mendapatkan perlindungan kesehatan yang lebih baik dan lebih terjamin. 

Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftarkan diri kamu dan keluarga Anda menjadi peserta BPJS Kesehatan, dan nikmati manfaatnya.

Tentang BPJS Kesehatan

Cara Mengecek BPJS Kesehatan, Image Credit: BPJS Kesehatan--

BPJS Kesehatan adalah program pemerintah yang memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia. BPJS Kesehatan beroperasi sejak 1 Januari 2014, dan merupakan transformasi dari PT Askes Indonesia (Persero).

Makruf
Penulis
-->