Kesehatan

Cemas yang Tidak Wajar? Kenali Gangguan Kecemasan Lebih Dekat Berikut Ini

fin.co.id - 17/12/2023, 23:03 WIB

Cemas yang Tidak Wajar? Kenali Gangguan Kecemasan Lebih Dekat Berikut Ini

fin.co.id - Kenali lebih lanjut gangguan kecemasan di sini untuk lebih sadar mengenai penyakit mental dan cara mengatasinya.

Anxiety Disorder atau gangguan kecemasan adalah kondisi mental yang ditandai oleh perasaan cemas yang intens, berlebihan, dan persisten.

Orang yang mengalami gangguan kecemasan umumnya mengalami kecemasan yang berlebihan terhadap situasi atau objek tertentu, bahkan dalam situasi yang sebenarnya tidak berbahaya.

Kecemasan yang terkait dengan gangguan kecemasan seringkali mengganggu kehidupan sehari-hari dan dapat mempengaruhi fungsi sosial, pekerjaan, dan kesehatan secara keseluruhan.

BACA JUGA:

Beberapa jenis gangguan kecemasan yang umum meliputi:

1. Gangguan Kecemasan Generalized (Generalized Anxiety Disorder/GAD)

Pada GAD, seseorang cemas secara terus-menerus dan berlebihan mengenai berbagai aspek kehidupan, seperti pekerjaan, kesehatan, hubungan, dan keuangan, tanpa ada alasan yang jelas.

2. Gangguan Panik (Panic Disorder)

Gangguan panik ditandai dengan serangan panik yang tiba-tiba dan berulang, yang disertai dengan gejala fisik dan kecemasan yang kuat.

Apa Itu Anxiety Disorder? Berikut Gejala Anxiety Dan Cara Menghadapi Anxiety, Jangan Diabaikan!--Google Photos

Orang yang mengalami gangguan panik seringkali merasa takut akan serangan panik berulang dan menghindari situasi yang mereka anggap dapat memicu serangan.

3. Gangguan Kecemasan Sosial (Social Anxiety Disorder)

Orang dengan gangguan kecemasan sosial merasa cemas dan takut berlebihan saat berada dalam situasi sosial atau dihadapkan pada interaksi dengan orang lain. Mereka khawatir akan dihakimi, diejek, atau dipermalukan.

BACA JUGA:

Brigita
Penulis
-->