Kesehatan

Kepala Pusing setelah Bangun Tidur: Cari Tau 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya

fin.co.id - 12/12/2023, 09:16 WIB

Sakit kepala, Image oleh StockSnap dari Pixabay

Kepala Pusing setelah Bangun Tidur - Pernahkah kamu merasakan kepala pusing setelah bangun tidur?

Rasanya seperti kepala berputar-putar, lingkungan sekitar terasa melayang, atau bahkan sampai terjatuh saat berdiri dari tempat tidur. 

Jika kamu sering mengalami hal ini, kamu harus waspada. Bisa jadi, ada penyebab tertentu yang membuat kamu bangun tidur pusing.

Penyebab Kepala Pusing setelah Bangun Tidur

Sakit Kepala, Image oleh Gerd Altmann dari Pixabay--

Ada banyak kemungkinan penyebab kepala pusing setelah bangun tidur, di antaranya:

  1. Hipotensi ortostatik
  2. Dehidrasi
  3. Vertigo
  4. Gula darah rendah
  5. Sleep apnea

Hipotensi ortostatik

Ini adalah kondisi menurunnya tekanan darah saat kamu bangun dari posisi duduk atau berbaring. Biasanya, pusing ini hanya berlangsung beberapa menit dan bisa membaik dengan sendirinya. Namun, jika terjadi terus-menerus, kamu harus segera periksa ke dokter.

Dehidrasi

Ini adalah kondisi kekurangan cairan dalam tubuh. Dehidrasi bisa menyebabkan pusing saat bangun tidur karena otak tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup. Dehidrasi bisa disebabkan oleh kurang minum air putih, terlalu banyak minum kopi, teh, atau alkohol, atau muntah-muntah dan diare.

Vertigo

Ini adalah kondisi gangguan keseimbangan yang membuat kamu merasa seperti berputar-putar atau melayang. Vertigo bisa disebabkan oleh kelainan di telinga bagian dalam atau otak. Pusing ini bisa terjadi kapan saja dan mendadak, misalnya saat kamu mengubah posisi kepala dari berbaring ke duduk atau berdiri.

Gula darah rendah

Ini adalah kondisi menurunnya kadar gula darah dalam tubuh. Gula darah rendah bisa menyebabkan pusing saat bangun tidur karena otak tidak mendapatkan energi yang cukup. Gula darah rendah sering terjadi pada penderita diabetes yang mengonsumsi obat-obatan antidiabetes, seperti insulin.

Sleep apnea

Ini adalah gangguan tidur yang menyebabkan kamu berhenti bernapas selama beberapa detik saat tidur. Sleep apnea bisa menyebabkan pusing saat bangun tidur karena otak tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Penderita sleep apnea juga sering mengorok saat tidur.

Cara Mengatasi Kepala Pusing setelah Bangun Tidur

DBD, Demam, Pusing, Sakit Kepala, Image oleh Alexandra_Koch dari Pixabay--

Untuk mengatasi kepala pusing setelah bangun tidur, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Minum air putih yang cukup, setidaknya 8 gelas sehari. Air putih bisa membantu menghindari dehidrasi dan menjaga tekanan darah tetap stabil.
  • Makan makanan yang bergizi dan seimbang. Pilih makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang cukup. Makanan yang bergizi bisa membantu menjaga kadar gula darah dan energi tubuh tetap optimal.
  • Periksa ke dokter. Jika pusing saat bangun tidur terjadi terus-menerus dan tidak membaik dengan cara-cara di atas, kamu harus segera periksa ke dokter. Dokter bisa melakukan pemeriksaan fisik dan tes laboratorium untuk mengetahui penyebab pasti pusing kamu. Dokter juga bisa memberikan obat-obatan atau terapi yang sesuai dengan kondisi kamu.

Segera ke Dokter

Jika sakit kepala Anda berlangsung lebih dari 24 jam, atau disertai dengan gejala lain seperti muntah, leher kaku, gangguan penglihatan, bicara kacau, linglung, atau kejang, sebaiknya Anda segera periksakan diri ke dokter. Hal ini bisa menjadi gejala dari penyakit yang berbahaya, seperti stroke, tumor otak, atau meningitis.

Kira-kira itu yang bisa FIN sampaikan kali ini. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu Anda mengatasi masalah sakit kepala yang sedang dialami. 

 

Makruf
Penulis
-->