Kesehatan

Rasanya Serangan Jantung Itu seperti Ini: Segera ke UGD, Jangan Ditunda-tunda

fin.co.id - 08/12/2023, 10:45 WIB

Rasanya Serangan Jantung - Serangan jantung adalah kondisi yang sangat berbahaya dan bisa mengancam nyawa. 

Serangan jantung terjadi ketika aliran darah ke jantung terhambat oleh plak atau gumpalan darah di pembuluh darah jantung. 

Namun sebagian orang mungkin ada yang bertanya, bagaimana rasanya serangan jantung?

Well, tujuannya sih bukan mau nantangin, tapi lebih kepada upaya mawas diri.

Perlu disadari, serangan jantung dapat menyebabkan jantung tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi yang cukup, sehingga otot jantung rusak atau mati. 

Serangan jantung bisa menimbulkan komplikasi serius, seperti gagal jantung, aritmia, atau kematian mendadak.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali ciri-ciri serangan jantung dan segera mencari pertolongan medis jika Anda atau orang di sekitar Anda mengalaminya. 

Rasanya Serangan Jantung

Serangan Jantung, Image: Martin Büdenbender / Pixabay--

Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang dirasakan orang saat serangan jantung terjadi.:

  1. Nyeri dada yang hebat, seperti tertekan, terjepit, atau ditusuk-tusuk. Nyeri ini biasanya terasa di bagian tengah atau kiri dada, dan bisa menjalar ke lengan, leher, rahang, bahu, atau punggung. Nyeri ini bisa berlangsung selama beberapa menit atau datang dan pergi.
  2. Sesak napas atau napas berat, baik sebelum atau saat nyeri dada. Anda mungkin merasa sulit bernapas atau bernapas pendek-pendek.
  3. Pusing, mual, atau muntah. Anda mungkin merasa pusing, bingung, atau kehilangan keseimbangan. Anda juga mungkin merasa mual, muntah, atau sakit perut.
  4. Lemas, keringat dingin, atau pucat. Anda mungkin merasa lemas, lelah, atau tidak berdaya. Anda juga mungkin berkeringat dingin atau basah kuyup. Kulit Anda mungkin menjadi pucat, biru, atau abu-abu.
  5. Detak jantung tidak beraturan, cepat, atau berdebar. Anda mungkin merasakan jantung Anda berdetak tidak normal, terlalu cepat, atau berdebar-debar. Anda juga mungkin merasakan denyut nadi yang lemah atau tidak teratur.

Penanganan Serangan Jantung

Jika Anda mengalami salah satu atau lebih ciri-ciri serangan jantung di atas, segera hubungi nomor darurat atau minta bantuan orang lain untuk mengantarkan Anda ke rumah sakit. 

Jangan menunda atau mengabaikan gejala-gejala ini, karena bisa memperburuk kondisi Anda. 

Semakin cepat Anda mendapatkan penanganan, semakin besar kemungkinan Anda untuk selamat dan pulih.

Pencegahan Serangan Jantung

Kurang Tidur TIngkatkan Risiko Serangan Jantung dan Stroke, Image oleh Sam Williams dari Pixabay--

Mengapa Anda perlu tahu ciri-ciri serangan jantung? Karena dengan mengetahui ciri-ciri serangan jantung, Anda bisa mengambil langkah-langkah pencegahan dan penanganan yang tepat. 

Namun lebih baik mencegah daripada mengobati. Karenanya, sangat penting untuk mengetahui cara mencegah serangan jantung. 

Makruf
Penulis
-->