Kesehatan

Obat Sariawan Paling Ampuh: Ada yang Salep, Kumur hingga Semprot

fin.co.id - 05/12/2023, 08:19 WIB

Sariawan, Image oleh Hatice EROL from Pixabay

Obat Sariawan Paling Ampuh - Sariawan adalah salah satu masalah kesehatan mulut yang sering dialami oleh banyak orang. Sariawan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti iritasi, infeksi, alergi, kekurangan vitamin, stres, atau gangguan sistem kekebalan tubuh. 

Sariawan biasanya ditandai dengan adanya luka berwarna putih atau merah di dalam mulut yang terasa perih dan nyeri. Sariawan bisa mengganggu aktivitas makan, minum, bicara, atau bahkan bernapas.

Untuk mengatasi sariawan, ada beberapa obat sariawan yang bisa kamu gunakan. Obat sariawan bisa berupa salep, gel, kumur, oral, atau semprot yang dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan akibat sariawan. 

Selain itu, obat sariawan juga bisa membunuh bakteri, jamur, atau virus yang menyebabkan sariawan dan mempercepat proses penyembuhan luka. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi obat sariawan paling ampuh yang bisa kamu coba:

Obat Sariawan Paling Ampuh

Sariawan | Image oleh Klaus Hausmann dari Pixabay--

Kenalog In Orabase 0,1% Salep 5 gr

Obat sariawan ini mengandung triamcinolone, yaitu jenis steroid yang dapat mengurangi peradangan dan nyeri pada sariawan. Obat ini cocok untuk mengobati sariawan yang disebabkan oleh iritasi akibat makanan, cedera, atau alat gigi. Cara pakainya adalah dengan mengoleskan salep secara tipis pada sariawan 2-3 kali sehari. Obat ini hanya bisa dibeli dengan resep dokter.

Aloclair Plus

Obat sariawan ini tersedia dalam bentuk gel, kumur, atau semprot yang dapat membentuk lapisan pelindung pada sariawan. Obat ini juga mengandung ekstrak lidah buaya yang dapat mengurangi nyeri, mencegah infeksi, dan mempercepat penyembuhan sariawan. Obat ini bisa digunakan untuk mengatasi sariawan kecil atau parah, tergantung pada bentuknya. Obat ini bisa digunakan 3-4 kali sehari dan dijual bebas di apotik.

Enkasari Herbal 120 ml

Obat sariawan ini berbentuk minuman herbal yang mengandung sari daun saga dan daun sirih. Obat ini dapat membunuh bakteri penyebab sariawan dan mengurangi pembengkakan. Obat ini juga dapat menyegarkan mulut dan mengatasi bau mulut. Cara pakainya adalah dengan mengonsumsi 1-2 sendok makan obat ini 3 kali sehari. Obat ini bisa dibeli secara bebas di apotik.

Betadine Obat Kumur 100 ml

Obat sariawan ini berbentuk cairan yang mengandung povidone-iodine, yaitu antiseptik yang dapat membunuh bakteri, jamur, atau virus yang menyebabkan sariawan. Obat ini juga dapat mengurangi peradangan dan nyeri pada sariawan. Cara pakainya adalah dengan berkumur dengan 15 ml obat ini selama 30 detik, 2-4 kali sehari. Obat ini bisa dibeli secara bebas di apotik.

Xonce 0,15% Gel 10 gr

Obat sariawan ini mengandung benzidamine hydrochloride, yaitu anestesi topikal yang dapat mengurangi nyeri dan peradangan pada sariawan. Obat ini juga dapat membantu penyembuhan luka dan mencegah infeksi. Cara pakainya adalah dengan mengoleskan gel secara tipis pada sariawan 2-3 kali sehari. Obat ini bisa dibeli dengan resep dokter.

Cooling 5 Spray 15 ml

Obat sariawan ini berbentuk semprotan yang mengandung lidocaine hydrochloride, yaitu anestesi topikal yang dapat mengurangi nyeri pada sariawan. Obat ini juga mengandung allantoin, yaitu bahan yang dapat membantu penyembuhan luka dan mencegah infeksi. Cara pakainya adalah dengan menyemprotkan obat ini pada sariawan 3-4 kali sehari. Obat ini bisa dibeli secara bebet di apotik.

Borax Glycerin Gom 10 ml

Obat sariawan ini berbentuk cairan kental yang mengandung borax dan glycerin. Obat ini dapat membunuh bakteri penyebab sariawan dan melindungi luka dari iritasi. Obat ini juga dapat melembapkan mulut dan mengatasi bau mulut. Cara pakainya adalah dengan mengoleskan obat ini pada sariawan 3-4 kali sehari. Obat ini bisa dibeli secara bebas di apotik.

Aloclair Plus Gel 8 ml

Obat sariawan ini berbentuk gel yang mengandung polyvinylpyrrolidone dan ekstrak lidah buaya. Obat ini dapat membentuk lapisan pelindung pada sariawan, mengurangi nyeri, mencegah infeksi, dan mempercepat penyembuhan sariawan. Obat ini cocok untuk mengatasi sariawan kecil yang tidak terlalu parah. Cara pakainya adalah dengan mengoleskan gel secara tipis pada sariawan 3-4 kali sehari. Obat ini bisa dibeli secara bebas di apotik.

Itulah beberapa rekomendasi obat sariawan paling ampuh yang bisa kamu coba. Selain menggunakan obat sariawan, kamu juga perlu menjaga kebersihan mulut, mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, dan menghindari makanan yang dapat memperparah sariawan, seperti pedas, asam, atau asin. 

Makruf
Penulis
-->