Kesehatan

Obat Herbal Infeksi Saluran Kencing dr Zaidul Akbar: Salah Satunya Bawang Putih

fin.co.id - 02/12/2023, 09:04 WIB

dr. Zaidul Akbar, Screenshot: dr. Zaidul Akbar Official/YouTube

Obat Herbal Infeksi Saluran Kencing dr Zaidul Akbar - Infeksi saluran kencing (ISK) adalah kondisi yang ditandai dengan adanya bakteri, virus, atau jamur yang menyerang bagian saluran kencing, seperti ginjal, ureter, kandung kemih, atau uretra. 

Gejala ISK bisa berupa nyeri saat buang air kecil, sering kencing, urine berbau, berwarna keruh, atau bercampur darah, serta nyeri di perut bagian bawah. 

Jika tidak diobati, ISK bisa menyebabkan komplikasi serius, seperti infeksi ginjal, sepsis, atau gagal ginjal.

Untuk mengobati ISK, biasanya dokter akan memberikan antibiotik sesuai dengan jenis dan tingkat keparahan infeksi. 

Namun, selain antibiotik, ada juga obat herbal yang bisa membantu mengatasi ISK secara alami. 

Salah satu dokter yang menggagas pengobatan herbal untuk ISK adalah dr Zaidul Akbar, seorang dokter, pendakwah, konsultan, dan praktisi pengobatan sunah Indonesia. 

Ia dikenal sebagai penggagas Jurus Sehat Rasulullah (JSR), yaitu pola hidup sehat yang mengikuti sunah Nabi Muhammad SAW.

Obat Herbal Infeksi Saluran Kencing dr Zaidul Akbar

dr. Zaidul Akbar. Image Credit: @zaidulakbar/Instagram--

Menurut dr Zaidul Akbar, ada beberapa obat herbal yang bisa digunakan untuk mengobati ISK, antara lain:

Obat Herbal Infeksi Saluran Kencing dr Zaidul Akbar #1

Bawang putih: Bawang putih mengandung senyawa allicin yang bersifat antibakteri, antijamur, dan antivirus. Bawang putih bisa dikonsumsi secara langsung, dicampur dengan madu, atau dibuat minuman hangat. Dosis yang disarankan adalah 2-3 siung bawang putih per hari.

Obat Herbal Infeksi Saluran Kencing dr Zaidul Akbar #2

Teh hijau: Teh hijau mengandung antioksidan, flavonoid, dan katekin yang bisa membantu membersihkan saluran kencing dari bakteri penyebab infeksi. Teh hijau juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah peradangan. Dosis yang disarankan adalah 2-3 cangkir teh hijau per hari.

Obat Herbal Infeksi Saluran Kencing dr Zaidul Akbar #3

Teh mint: Teh mint mengandung mentol yang bisa memberikan efek menenangkan dan meredakan nyeri pada saluran kencing. Teh mint juga bisa membantu mengurangi bau urine yang tidak sedap akibat infeksi. Dosis yang disarankan adalah 2-3 cangkir teh mint per hari.

Makruf
Penulis
-->