Kesehatan

Musim Hujan Tiba: Ini Rekomendasi Obat Flu yang Ampuh untuk Dipersiapkan

fin.co.id - 01/12/2023, 11:16 WIB

Musim Hujan Tiba: Ini Rekomendasi Obat Flu yang Ampuh untuk Dipersiapkan

Obat Flu, Image: Cottonbro Studio / Pexels

Rekomendasi Obat Flu - Musim hujan sudah tiba, dan bersama dengan itu datang pula berbagai penyakit yang mengganggu kesehatan. 

Salah satu yang paling umum adalah flu, yaitu infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan. 

Gejala flu bisa bervariasi, mulai dari pilek, hidung tersumbat, batuk, demam, sakit tenggorokan, hingga nyeri otot. 

Flu bisa menurunkan produktivitas dan kualitas hidup Anda, apalagi jika tidak segera ditangani.

Obat Flu yang Ampuh

Untuk mengatasi flu, Anda perlu menjaga daya tahan tubuh dengan pola hidup sehat, seperti makan makanan bergizi, minum air putih yang cukup, istirahat yang cukup, dan olahraga teratur. 

Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan obat flu yang ampuh untuk meredakan gejala-gejala yang mengganggu. 

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi obat flu untuk dipersiapkan, dan tentunya bisa Anda temukan di apotek terdekat: 

Paracetamol

Obat flu yang ampuh yang pertama adalah paracetamol. Obat ini bisa meredakan demam dan nyeri otot yang sering terjadi saat flu. Paracetamol bekerja dengan cara menghambat pembentukan prostaglandin, yaitu zat yang memicu nyeri dan demam. Obat ini aman dan bisa dikonsumsi oleh segala golongan usia. Dosis paracetamol untuk orang dewasa dan anak usia di atas 12 tahun adalah 500-1000 mg, 3-4 kali sehari.

Antihistamin

Obat flu yang ampuh yang kedua adalah antihistamin. Obat ini bisa meredakan gejala alergi yang mungkin muncul saat flu, seperti hidung meler, bersin-bersin, mata berair, atau gatal-gatal. Antihistamin bekerja dengan cara menghambat kerja histamin, yaitu zat yang dilepaskan oleh sistem kekebalan tubuh saat terjadi reaksi alergi. Contoh antihistamin yang bisa Anda gunakan adalah cetirizin, loratadin, atau chlorpheniramine.

Dekongestan

Obat flu yang ampuh yang ketiga adalah dekongenstan. Obat ini bisa melegakan hidung tersumbat yang membuat Anda sulit bernapas. Dekongestan bekerja dengan cara menyempitkan pembuluh darah di dalam hidung, sehingga mengurangi pembengkakan dan lendir. Contoh dekongestan yang bisa Anda gunakan adalah pseudoephedrine, phenylephrine, atau oksimetazolin.

Ekspektoran

Obat flu yang ampuh yang keempat adalah ekspektoran. Obat ini bisa membantu mengeluarkan dahak yang menumpuk di saluran pernapasan. Ekspektoran bekerja dengan cara mengencerkan dahak, sehingga lebih mudah dikeluarkan saat batuk. Contoh ekspektoran yang bisa Anda gunakan adalah guaifenesin, ambroxol, atau bromhexine.

Antitusif: Obat ini bisa meredakan batuk kering yang tidak produktif dan mengganggu. Antitusif bekerja dengan cara menekan pusat batuk di otak, sehingga mengurangi rangsangan untuk batuk. Contoh antitusif yang bisa Anda gunakan adalah dextromethorphan, kodein, atau butamirat.

 

Obat-obat di atas bisa Anda kombinasikan sesuai dengan gejala yang Anda alami. 

Makruf
Penulis
-->