Kesehatan

Cara Mencegah Penularan Pneumonia, Wabah Misterius yang Menyerang Anak-anak di China

fin.co.id - 30/11/2023, 08:40 WIB

Cara Mencegah Pneumonia

FIN.CO.ID - Berikut ini akan membagikan cara mencegah wabah pneumonia.

Wabah Pneumonia kini sedang melanda anak anak di China pada pertengahan bulan Oktober 2023.

Worlds Health Organization (WHO) selaku Badan Organisasi Kesehatan Dunia termasuk Kementerian Kesehatan berupaya agar masyarakat tetap waspada.

Bahkan Worlds Health Organization (WHO) juga melakukan investigasi khusus terkait dengan penyebaran wabah ini.

BACA JUGA:

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menerbitkan Surat Edaran Nomor: PM.03.01/C/4632/2023 tentang Kewaspadaan Terhadap Kejadian Mycoplasma Pneumonia di Indonesia.

Surat Edaran itu diterbitkan menusul laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mencatat adanya peningkatan kasus pneumonia misterius yang menyerang anak-anak di China.

"Penerbitan surat edaran tersebut bertujuan mengantisipasi penyebaran pneumonia di Indonesia," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI Maxi Rein Rondonuwu dalam keterangan di Jakarta, Rabu 29 November 2023.

Lantas seperti apakah wabah Pneumonia dan cara mencegahnya agar tidak tertular?

BACA JUGA:

Pneumonia

Dilansir dari alodokter pada 28 November 2023. Pneumonia sebuah peradangan paru-paru yang disebabkan oleh infeksi. Hal ini bisa menimbulkan gejala ringan hingga berat.

Penderita pneumonia akan mengalami batuk berdahak, demam, dan sesak napas.

Istilah wabah ini dikenal paru-paru basah. Kondisi ini menyebabkan peradangan pada  kantong-kantong udara (alveoli) di salah satu atau kedua paru-paru. Akibatnya, alveoli dipenuhi cairan atau nanah sehingga membuat penderitanya sulit bernapas.

Ari Nur Cahyo
Penulis
-->