Kesehatan

Mengenal Pneumonia: Wabah Misterius yang Melanda Anak-anak di China

fin.co.id - 28/11/2023, 14:40 WIB

Ilustrasi wabah Pneumonia

FIN.CO.ID - Negara asal China tengah dilanda wabah penyakit Pneumonia pada pertengahan Oktober 2023.

Komisi Kesehatan Nasional China pada 13 November 2023 melaporkan  jika kasus Pneumonia mulai meningkat. Lalu Tujuh hari berselang wabah ini mulai berkembang dan mulai menyerang ke anak-anak.

Pemerintah China meminta agar sejumlah klinik mulai ditingkatkan untuk antisipasi lonjakan kasus wabah Pneumonia.

"Upaya harus dilakukan untuk meningkatkan jumlah klinik dan area perawatan yang relevan, memperpanjang jam pelayanan secara tepat, dan memperkuat jaminan pasokan obat-obatan," ucap juru bicara komisi kesehatan Nasional Mi Feng, pada Minggu 26 November dikutip FIN.CO.ID dari DW.

Lantas seperti apakah wabah misterius Pneumonia yang melanda anak-anak di China?

BACA JUGA:

Pneumonia

Dilansir dari alodokter pada 28 November 2023. Pneumonia sebuah peradangan paru-paru yang disebabkan oleh infeksi. Hal ini bisa menimbulkan gejala ringan hingga berat.

Penderita pneumonia akan mengalami batuk berdahak, demam, dan sesak napas.

Istilah wabah ini dikenal paru-paru basah. Kondisi ini menyebabkan peradangan pada  kantong-kantong udara (alveoli) di salah satu atau kedua paru-paru. Akibatnya, alveoli dipenuhi cairan atau nanah sehingga membuat penderitanya sulit bernapas.

Pneumonia bisa disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau jamur. SARS-CoV-2 yang menyebabkan COVID-19 adalah salah satu jenis virus yang bisa menyebabkan pneumonia. Pneumonia terkadang juga bisa muncul beserta penyakit paru-paru lain, misalnya TB paru.

Wabah ini salah satu penyebab kematian tertinggi pada anak-anak di seluruh dunia berdasarkan data dari World Health Organization sebanyak 740.180 pada tahun 2019.

BACA JUGA:

Penyebab Pneumonia

Ari Nur Cahyo
Penulis
-->