Kesehatan

Peringati Hari Toilet Sedunia, Supersol dan WPC Bersihkan Ratusan Toilet di 33 Sekolah Dasar Provinsi DKI Jakarta

fin.co.id - 22/11/2023, 13:52 WIB

Peringati Hari Toilet Sedunia, Supersol dan WPC Bersihkan Ratusan Toilet di 33 Sekolah Dasar Provinsi DKI Jakarta

Peringati Hari Toilet Sedunia

JAKARTA – Dalam rangka memperingati Hari Toilet Sedunia, WINGS Group Indonesia, melalui produk karbol wangi multifungsi Supersol dan pembersih porselen & kloset WPC, melaksanakan program “Bersih-Bersih Toilet Sekolah (BTS)” di 33 Sekolah Dasar (SD) di wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Program ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mendukung terciptanya toilet bersih di sekolah sebagai langkah awal menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan sehat. Secara simbolis, acara dilaksanakan di SDN Bendungan Hilir 12 Jakarta dan diikuti oleh para murid, guru, orang tua, hingga perwakilan pemerintah daerah setempat.

Ernita Napitu, selaku Plt Kepala Bidang Sekolah Dasar PKLK Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta mengapresiasi program “Bersih-Bersih Toilet Sekolah (BTS)” yang diinisiasi oleh WPC dan Supersol.

“Hari ini merupakan momen peringatan yang tepat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya memiliki toilet serta akses sanitasi yang aman dan layak. Terima kasih untuk WPC dan Supersol karena hari ini merupakan langkah monumental kerja sama antar pendidikan dan industri. Ini merupakan contoh konkrit bagaimana sektor swasta dan pemerintah dapat bekerja sama memberikan kualitas lingkungan belajar yang baik dan bersih, melalui edukasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Di dalam PHBS itu memang salah satunya adalah toilet yang bersih. Semua anak berhak untuk mendapatkan akses pada lingkungan yang aman, bersih, dan sehat di sekolah,” ujarnya.

Sejalan dengan tema Hari Toilet Sedunia 2023, yakni “Accelerating Change” yang berarti mempercepat perubahan dengan melakukan berbagai tindakan, Supersol dan WPC melakukan kolaborasi lintas sektor untuk mengupayakan kebersihan lingkungan yang sehat, termasuk di sekolah.

“Sebelum acara pada hari ini terlaksana, secara konsisten sejak tahun 2020 kami hadir dan berkolaborasi dengan berbagai pihak melakukan berbagai upaya dalam menjaga kebersihan lingkungan. Kami telah melakukan program bersih-bersih di beberapa titik fasilitas umum, termasuk toilet, di Jakarta dan Tasikmalaya, seperti halte bus, rumah susun, alun-alun, hingga tempat ibadah. Kali ini dengan adanya program BTS, kami hadir mengupayakan kebersihan toilet dan sanitasi di sekolah dengan produk-produk yang jelas teruji ampuh dapat membersihkan kerak dan melawan kuman penyebab penyakit,” ujar Angelina Christina Sanjaya, Brand Representative Supersol dan WPC.

WPC merupakan produk pembersih porselen & kloset yang telah teruji ampuh membersihkan kerak membandel di permukaan porselen & kloset. Sedangkan Supersol merupakan karbol wangi multifungsi yang efektif membunuh 99,99% kuman, virus, bakteri, dan jamur, dapat digunakan sehari-hari untuk mengepel lantai, membersihkan kamar mandi, menghilangkan bau di sumbernya, serta dapat menjadi disinfektan.

Keampuhan dua produk pembersih dari WINGS Care tersebut telah dibuktikan secara langsung dan dapat disaksikan keampuhannya dalam membersihkan belasan toilet yang ada di SDN Bendungan Hilir 12 Jakarta.

Tidak hanya mendukung kebersihan toilet, program BTS bersama Supersol dan WPC di SDN Bendungan Hilir 12 Jakarta juga menyelenggarakan sesi talkshow kesehatan bersama narasumber ahli. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk edukasi kepada para murid, guru, dan orang tua agar senantiasa mengupayakan kebersihan lingkungan di mana pun berada dan menerapkan perilaku hidup bersih sehat.

dr. Citra Amelinda, selaku Dokter Spesialis Anak membagikan beberapa tips dalam menjaga toilet tetap bersih dan terhindar dari kuman penyebab penyakit di depan ratusan murid, guru, dan orang tua yang hadir. “Salah satu caranya adalah membersihkan toilet dengan produk-produk yang mengandung antibakteri, mulai dari kloset, lantai, sampai gagang toiletnya.

Kemudian, biasakan setelah menggunakan toilet, sampah tisunya dibuang ke tempat sampah, apabila sedang menstruasi bisa membungkus bekas pembalut dengan baik dan benar ke tempat sampah, lap tempat dudukan toilet sebelum digunakan, menyiram toilet hingga bersih hingga tidak ada sisa cairan ataupun kotoran.

Nah, bagaimana jika toilet kita tidak bersih? Tentu hal tersebut dapat menyebabkan timbulnya penyakit, seperti diare, muntah, infeksi saluran kemih, dan lain-lain. Dengan demikian, bersama-sama kita bisa mencegah potensi penyebaran penyakit menular mulai dari menjaga kebersihan toilet,” ujar dr. Citra.

Supersol dan WPC percaya bahwa toilet yang bersih merupakan suatu hal dasar yang harus dapat diakses oleh semua orang, tanpa terkecuali. Maka dari itu, Supersol dan WPC terus berkomitmen mendukung lingkungan yang bersih, bebas kuman dan bau melalui ketersediaan produk-produk pembersih berkualitas tinggi dan program-program yang bermanfaat untuk masyarakat. Hal ini sejalan dengan filosofi WINGS Group yaitu “The Good Things In Life Should Be Accessible For All”.

Makruf
Penulis
-->