Kesehatan

Awas Ketombe! Ini Cara Menjaga Kesehatan Kulit Kepala saat Musim Hujan

fin.co.id - 19/11/2023, 09:00 WIB

Awas Ketombe! Ini Cara Menjaga Kesehatan Kulit Kepala saat Musim Hujan

Pakar dermatologi dr. Danar Wicaksono MSc. SpDV

FIN.CO.ID - Berikut ini akan membagikan cara menjaga kesehatan kulit kepala disaat musim hujan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi jika Indonesia akan mengalami musim hujan pada bulan Oktober sampai Desember 2023.

Maka dari itu ada baiknya mempersiapkan diri untuk menghadapi musim hujan disaat beraktivitas di luar.

Salah satu potensi masalah kesehatan yang dapat muncul selama musim hujan adalah peningkatan risiko ketombe. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan kulit kepala di tengah musim hujan saat ini:

BACA JUGA:

1. Lindungi Kulit Kepala dari Dingin dan Lembab yang Berlebih

Pada musim penghujan, suhu cenderung lebih dingin ditambah kelembapan udara meningkat. Kondisi ini dapat memicu peningkatan kemunculan ketombe karena udara yang dingin dan lembab, menyebabkan kulit kepala lebih rentan menjadi kering, membuat sel kulit mati dan mengelupas sehingga menyebabkan ketombe kering muncul. 

Sedangkan kulit kepala yang didiamkan basah terlalu lama tanpa di keringkan dengan baik juga bisa meningkatkan munculnya ketombe basah karena dapat terjadi penumpukan kotoran dan minyak.

2. Perkuat Scalp Barrier dengan Niacinamide

Menurut dr. Danar Wicaksono, MSc., SpDV, dermatologist dan content creator yang ditemui pada acara CLEAR pada hari Kamis tanggal 26 November 2023, mengatakan “Menurut studi yang diterbitkan pada Journal of Cosmetics, Dermatological and Applications

A. kulit kepala

memiliki pertahanan yang lebih rentan dibandingkan dengan kulit area wajah. Gangguan pada pertahanan kulit kepala atau scalp barrier dapat memicu kondisi-kondisi yang mengakibatkan ketombe terus-menerus muncul kembali. Oleh sebab itu, dengan kandungan niacinamide akan sangat bermanfaat meningkatkan komponen penunjang scalp barrier sehingga menjadi lebih kuat.

Berdasarkan studi lainnya, niacinamide juga terbukti memberikan nutrisi pada scalp barrier dan mengurangi peradangan untuk mencegah ketombe datang kembali.

BACA JUGA:

3. Bersihkan Rambut dan Kulit Kepala secara Rutin

Ari Nur Cahyo
Penulis
-->