Kesehatan

Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit: Jangan Ditahanin Aja

fin.co.id - 18/11/2023, 08:52 WIB

Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit, Image: Engin Akyurt

Cara Menghilangkan Sakit Gigi - Sakit gigi bisa bikin kamu nggak nyaman dan nggak bisa ngapa-ngapain. 

Sakit gigi bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya gigi berlubang, gusi meradang, infeksi, atau terbentur. 

Kalau kamu lagi kena sakit gigi tiba-tiba, ada beberapa cara alami yang bisa kamu coba untuk mengusir rasa nyerinya. 

Di artikel ini, FIN akan kasih tau kamu beberapa cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit. Yuk, simak penjelasannya.

Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit

  1. Minum obat pereda nyeri
  2. Kompres pakai es
  3. Olesin minyak cengkeh
  4. Olesin bawang putih
  5. Kumur-kumur air garam

Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit, Image: Andrea Piacquadio / Pexels--

Minum obat pereda nyeri

Cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit yang pertama adalah minum obat pereda nyeri. Kalau cara-cara di atas nggak mempan, kamu bisa minum obat pereda nyeri yang ada paracetamol atau ibuprofennya. Obat ini bisa bantu ngurangin sakit gigi dan radang. Tapi pastiin kamu minum sesuai dosis yang bener dan jangan kebanyakan.

Kompres pakai es

Cara hilangkan sakit gigi dalam 5 menit yang kedua adalah kompres pakai es. Caranya, bungkus beberapa es batu dengan kain bersih, terus tempelin ke pipi di sebelah gigi yang sakit. Es bisa bikin area itu mati rasa dan ngurangin bengkak. Tapi jangan tempelin es langsung ke gigi yang sakit, ya, soalnya bisa bikin sakitnya makin parah.

Olesin minyak cengkeh

Cara hilangkan sakit gigi dalam 5 menit yang ketiga adalah pakai minyak cengkeh. Caranya, tetesin sedikit minyak cengkeh ke kapas, terus olesin ke gigi yang sakit. Minyak cengkeh punya sifat antiseptik, antibakteri, dan anestesi yang bisa bantu ilangin sakit gigi dan ngehindarin infeksi. Kamu juga bisa kumur-kumur air yang dicampur minyak cengkeh.

Olesin bawang putih

Cara hilangkan sakit gigi dalam 5 menit yang keempat adalah olesin bawang putih. Caranya juga gampang, tinggal haluskan satu siung bawang putih, terus olesin deh ke gigi yang sakit. Bawang putih punya sifat pereda nyeri dan pembasmi bakteri yang bisa bantu redain sakit gigi. Kamu juga bisa ngunyah bawang putih pelan-pelan biar kandungan allicinnya keluar.

Kumur-kumur air garam

Cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit yang kelima adalah kumur-kumur air garam. Caranya gampang, tinggal larutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, terus kumur-kumur selama 30 detik dan buang. Lakukan beberapa kali sampai sakitnya berkurang. Air garam bisa membantu bersihin gigi yang sakit dari kotoran dan bakteri, juga mengurangi radang dan infeksi.

Kesimpulan

Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit, Image: Andrea Piacquadio / Pexels--

Cara-cara di atas cuma buat ngebuat sakit giginya ilang sebentar dan nggak ngebuat giginya bener-bener sembuh. 

Kalau sakit gigi kamu disebabkan oleh gigi rusak, gigi berlubang, infeksi, atau penyakit gusi, segera deh pergi ke dokter gigi buat dapetin perawatan yang tepat. 

Jangan biarin sakit gigi kamu makin lama, soalnya bisa bikin masalah yang lebih serius. Semoga bisa bermanfaat.

Kalau artikel "Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit" ini berhasil bantu kamu ngatasin sakit giginya, jangan lupa di-share ya.

Makruf
Penulis
-->