Kesehatan

Penyebab Mata Minus Bertambah dan Cara Mencegahnya, Simak Baik-baik!

fin.co.id - 13/11/2023, 22:33 WIB

Penyebab Mata Minus Bertambah dan Cara Mencegahnya, Simak Baik-baik!

fin.co.id -  Simak penyebab mata minus bertambah dan juga cara mencegahnya di sini untuk merawat kesehatan mata.

Mata minus atau miopi adalah kondisi mata yang umum di mana seseorang mengalami kesulitan dalam melihat objek yang jauh dengan jelas.

Banyak orang yang mengalami mata minus merasa frustrasi ketika kondisi mata mereka malah menjadi semakin memburuk dari waktu ke waktu.

Tapi apa sebenarnya yang menyebabkan mata minus bertambah? Dan bagaimana kita bisa mencegahnya? Inilah yang perlu kamu ketahui:

BACA JUGA:

Penyebab Mata Minus

1. Faktor Genetik

Salah satu penyebab utama mata minus bertambah adalah faktor genetik. Jika orangtua atau keluarga dekatmu memiliki riwayat mata minus, maka kemungkinan kamu juga akan mengalami kondisi yang serupa.

Genetik dapat memengaruhi bentuk dan panjang bola mata, yang pada gilirannya mempengaruhi fokus mata dan mengakibatkan mata minus.

2. Aktivitas Visual yang Berlebihan

Paparan yang terlalu lama pada aktivitas visual tertentu, seperti penggunaan perangkat elektronik dan membaca dengan pencahayaan yang kurang baik.

Fokus yang berlebihan pada objek yang berjarak dekat juga dapat menyebabkan mata minus bertambah. Ini disebabkan oleh stres yang berlebihan pada mata dan peningkatan ketegangan pada otot-otot di sekitar mata.

BACA JUGA:

3. Kebiasaan Membaca yang Salah

Kebiasaan membaca dengan posisi yang salah atau dalam pencahayaan yang buruk dapat menyebabkan mata minus bertambah.

Misalnya, membaca dengan cahaya yang terlalu terang atau terlalu redup, membaca dengan posisi tubuh yang tidak nyaman, atau membaca dalam jarak yang terlalu dekat dengan buku atau layar.

Apakah Mata Minus Bisa Sembuh? , Ilustrasi: 12019 / Pixabay--

4. Kurangnya Istirahat dan Peregangan Mata

Kurangnya istirahat bagi mata dan kurangnya peregangan mata secara teratur juga dapat berkontribusi pada peningkatan mata minus.

Ketika kita terus-menerus menggunakan mata tanpa memberi waktu istirahat yang cukup, otot-otot mata menjadi tegang dan dapat memperburuk kondisi mata minus.

Brigita
Penulis
-->