Kesehatan

Manfaat Kopi Pahit untuk Kesehatan, Banyak Mengandung Sumber Antioksidan

fin.co.id - 06/11/2023, 19:27 WIB

Manfaat Kopi Pahit untuk Kesehatan

FIN.CO.ID - Berikut ini beberapa manfaat kopi pahit yang sangat menakjubkan untuk kesehatan dan perlu laian ketahui.

Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat populer di Indonesia hingga seluruh dunia.

Kopi pahit tanpa gula tidak hanya menyajikan nikmatnya rasa yang khas, tetapi juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang menarik.

Beberapa manfaat dapat kalian dapatkan apabila mengonsumsi kopi pahit.

Kopi pahit memiliki manfaat utama yaitu sebagai sumber antioksidan, peningkat konsentrasi dan fungsi otak, meningkatkan metabolisme, melindungi otak dari penyakit neurodegeneratif, dan meningkatkan performa fisik.

Berikut beberapa manfaat utama yang dapat diperoleh dari mengonsumsi kopi pahit yang dirangkum dari berbagai sumber.

BACA JUGA: Manfaat Kopi untuk Wajah: Bisa Jadi Putih Alami dan Samarkan Bekas Jerawat

BACA JUGA:Manfaat Menakjubkan dari Kopi Pahit untuk Kesehatan

1. Sumber Antioksidan

Kopi pahit mengandung banyak senyawa antioksidan, seperti asam klorogenat. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Dalam jangka panjang, konsumsi kopi pahit yang cukup dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker.

2. Peningkat Konsentrasi dan Fungsi Otak

Kandungan kafein dalam kopi pahit dapat memberikan efek stimulan pada sistem saraf pusat. Ini dapat membantu meningkatkan konsentrasi, kejelasan mental, dan fokus.

Kafein juga dapat meningkatkan produksi neurotransmiter seperti dopamin dan norepinefrin, yang berperan dalam meningkatkan suasana hati dan fungsi kognitif.

3. Meningkatkan Metabolisme dan Pembakaran Lemak

Kopi pahit telah dikaitkan dengan peningkatan metabolisme dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak. Kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan laju metabolisme basal sementara dan meningkatkan oksidasi lemak. Ini dapat bermanfaat bagi mereka yang ingin mempertahankan berat badan yang sehat atau mengurangi berat badan.

4. Perlindungan terhadap Penyakit Alzheimer dan Parkinson

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi pahit secara teratur dapat membantu melindungi otak dari penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer dan Parkinson. Kandungan kafein dan senyawa antioksidan dalam kopi pahit diyakini dapat mempengaruhi perkembangan penyakit ini dengan cara yang positif.

5. Meningkatkan Performa Fisik

Kafein dalam kopi pahit dapat meningkatkan performa fisik dan daya tahan. Ini terjadi karena kafein merangsang sistem saraf pusat, mengurangi kelelahan, dan meningkatkan kontraksi otot.

Sahroni
Penulis
-->