Kesehatan

5 Alasan Kenapa Gampang Capek, Jangan Dianggap Remeh!

fin.co.id - 02/08/2023, 19:13 WIB

5 Alasan Kenapa Gampang Capek, Jangan Dianggap Remeh!

Alasan mengapa manusia sering merasa kelelahan

Kenapa Gampang Capek - Ada beberapa faktor yang menyebabkan kenapa badan gampang capek dan lelah. 

Kurang tidur bisa jadi salah satu alasan kenapa kamu gampang capek. Alasan lain yang mungkin terjadi karena kamu kekurangan nutrisi, stres berlebih, kondisi kesehatan yang mendasarinya, dan efek samping obat. 

Dalam kebanyakan kasus, kelelahan dapat diatasi dengan mengubah gaya hidup yang lebih sehat. Kamu juga harus mengatur pola makan, memenuhi kebutuhan nutrisi, atau mengobati kondisi medis bawaan. 

Namun, untuk meningkatkan kelelahan, kamu perlu mencari tahu apa penyebabnya. Berikut ini adalah sejumlah alasan kenapa badan gampang capek.

1. Tidak memiliki tidur yang berkualitas

Penyebab kamu gampang capek bisa jadi karena tidak mendapatkan tidur yang berkualitas. Sebab, tidur menentukan kesehatan badan secara keseluruhan.

Selama tidur, tubuh kamu akan melepaskan hormon pertumbuhan penting dan meregenerasi sel. Inilah sebabnya kebanyakan orang bangun dengan perasaan segar, waspada, dan berenergi setelah tidur malam yang berkualitas tinggi.

BACA JUGA 

2. Kekurangan nutrisi

Kekurangan nutrisi dapat membuat kamu gampang merasa capek dan lelah setiap hari, bahkan jika kamu sudah tidur lebih dari 7 jam.

Kamu kemungkinan kekurangan beberapa nutrisi penting, seperti: zat besi, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, vitamin D, magnesium, hingga asam pantotenat.

3. Stres Berlebih 

Stres yang berlebihan bisa menyebabkan kamu gampang capek setiap hari. Melansir Healthline, stres kronis dapat menyebabkan gangguan kelelahan Exhaustion disorder (DE), suatu kondisi medis yang ditandai dengan gejala kelelahan psikologis dan fisik.

Selain itu, stres berlebih dapat menyebabkan perubahan struktural dan fungsional di otak. Juga menyebabkan peradangan kronis dan gejala seperti kelelahan.

4. Diet yang salah 

Pola makan sehari-hari secara signifikan memengaruhi konfisi fisik kamu. Itulah kenapa badan gampang capek jika kamu menerapkan pola diet yang salah.

Agar mempertahankan energi dan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, penting untuk mengonsumsi makanan seimbang yang kaya akan makanan padat nutrisi. 

BACA JUGA

5. Kondisi medis yang mendasari 

Jika kamu mengalami kelelahan kronis yang tidak dapat dijelaskan, maka harus mengunjungi dokter dan mendiskusikan gejalanya.

Admin
Penulis
-->