Teknologi

Para Guru Wajib Tau, Aplikasi Dapodik Versi 2024 Kini Telah Dirilis !

fin.co.id - 23/07/2023, 18:44 WIB

Aplikasi Dapodik Terbaru 2024

Aplikasi Dapodik - Dikutip dari rilis Balai Besar Penjaminan Mutu pendidikan ( LPMP ) Prov. Jawa Tengah, Data Pokok Pendidikan atau Dapodik adalah sistem pendataan (database) berskala nasional yang terintegrasi dengan data kependidikan lainnya.

Dapodik merupakan sumber data utama dari berbagai Program perencanaan Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan insan yang cerdas dan kompetitif.

Untuk mewujudkan program–program Pendidikan secara tepat, maka dibutuhkan data yang lengkap, akuntabel dan terus up to date serta di evaluasi secara berkala.

 

Pendataan pada dapodik dirancang menggunakan internet sebagai pondasi dengan didukung oleh aplikasi yang handal. Dengan sistem online maka proses pengumpulan data diharapkan menjadi lebih cepat, efektif serta efisien.

 

Data yang dientri oleh sekolah terdiri atas data sekolah, data siswa, kurikulum, data guru, karyawan, sarana-prasarana. Semua data tersebut, setelah dientri, harus dipastikan kelengkapan serta kevalidannya. Dengan data yang lengkap dan valid, maka proses perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi kinerja program-program Pendidikan nasional dapat dilaksanakan dengan lebih terukur, tepat sasaran, efektif, efesien dan berkelanjutan.

 

Dalam konteks ini Dapodik ibarat rencana pendidikan. Tanpa adanya perencanaan yang matang, tentu seluruh program pendidikan di Indonesia akan jauh dari tujuan yang dicanangkan.

 

Fungsi Dapodik

 

Saat ini, Dapodik bisa dikatakan menjadi satu-satunya acuan data yang digunakan pemerintah sebagai pusat data pendidikan nasional. Namun ke depan, fungsi Dapodik akan terus mengalami perkembangan sesuai dengan perubahan kebijakan dan program pendidikan dari Kemendikbud ristek.

 

BACA JUGA:

Admin
Penulis
-->