Kesehatan

Siklon El Nino Terjang Indonesia, Waspadai Ancaman DBD

fin.co.id - 02/07/2023, 18:19 WIB

Ilustrasi, Penyakit demam berdarah atau biasa disebut DBD disebabkan oleh virus Dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. (Ist)

Siklon El Nino Terjang Indonesia, Waspadai Ancaman DBD  - Siklon El Nino tengah memasuki wilayah Indonesia. Masyarakat pun diminta untuk mewaspadai ancaman penyakit demam berdarah dengue (DBD).

"Dari siklus El Nino ini juga terjadi perubahan siklus vektornya sendiri (aedes aegypti) maka perlu diwaspadai," kata epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (Unand) Defriman Djafri di Padang, Minggu, 2 Juli 2023.

Dikatakannya, selama ini cukup banyak anggapan masyarakat yang keliru bahwa DBD hanya terjadi pada kondisi suhu yang lembab atau tidak terlalu panas. 

Padahal, terjadi perubahan pada vektor penyebab DBD (aedes aegypti) misalnya, kemampuan terbang dan pengembangbiakan nyamuk saat musim panas sekalipun.

BACA JUGA:

"Jangan menganggap saat cuaca panas atau fenomena El Nino kemampuan atau virus tidak akan berkembang," tegasnya.

Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Sumatera Barat tersebut mengatakan, para peneliti juga perlu melakukan penelitian mendalam alasan virus tersebut masih mampu bertahan dalam kondisi panas sekalipun.

"Sebab, bisa jadi virus tersebut nyaman di inangnya (nyamuk)," kata dia.

Kemudian, Defriman juga mendorong para peneliti di Tanah Air agar melakukan penelitian apakah gigitan nyamuk aedes aegypti tersebut lebih tinggi saat perubahan iklim dan fenomena El Nino dibandingkan suhu normal.

BACA JUGA:

Tidak hanya DBD, Defriman yang tergabung dalam Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia tersebut mengatakan, masyarakat juga perlu mewaspadai ancaman penyakit lain yang ditularkan melalui vektor seperti malaria.

"Perlu diwaspadai karena ada beberapa virus ini yang sudah resistan terhadap cuaca atau gelombang panas," kata lulusan Universitas Pangeran Songkla tersebut.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan upaya-upaya sekaligus mengimbau masyarakat untuk mewaspadai lonjakan kasus DBD akibat fenomena El Nino atau pemanasan suhu muka laut yang menyebabkan kondisi cuaca dan iklim kering.

BACA JUGA:

Upaya tersebut, yakni memperluas penerapan teknologi wolbachia (bakteri yang dapat mematikan virus dengue pada tubuh nyamuk penyebab DBD). 

Admin
Penulis
-->