Otomotif

Kenali Tipe dan Fungsi Ban Motor Sebelum Membeli, Hati-Hati Salah Pilih Bisa Fatal Berkendara!

fin.co.id - 17/06/2023, 08:20 WIB

Kenali Tipe dan Fungsi Ban Motor Sebelum Membeli, Hati-Hati Salah Pilih Bisa Fatal Berkendara!

Tipe dan Fungsi Ban Motor -   Jangan Asal gagah tapi tidak nyaman dan mengganggu handling saat berkendara, salah pilih ban bisa fatal!

Pernyataan itu disampaikan oleh Head of Safety Riding Promotion, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS), Agus Sani lewat keterangan tertulis, Jumat 16 Juni 2023.

Agus mengatakan, jangan memilih ban motor dengan mementingkan gaya dan gengsi, tapi mengesampingkan faktor keamanan.

Menurutnya penting sikap bijak pengendara saat berpikir untuk mengganti ban sepeda motor kesayangannya.

BACA JUGA:

Secara umum dijelaskan oleh Agus, ada sekitar delapan jenis dan tipe ban dengan fungsi yang berbeda. 

Banyaknya pilihan yang dibuat pabrikan ban ini tentunya disediakan untuk pengguna kendaraan khususnya roda dua untuk fungsinya masing masing. 

Berikut tipe dan fungsi ban yang dikenal masyarakat .

1. Ban Sport (Semi Slick )

Sesuai dengan jenis ban yang biasa terlihat pada fisik ban, penggunaan kata sport menandakan ban ini diperuntukan untuk sport.

Karena penggunaan bahan yang khusus, usia pakai ban ini tidaklah sama dengan ban umum yang dipakai pengendara harian sekitar 1.600 km saja. 

Ban tipe ini memiliki daya grip yang baik yang sesuai dengan karakter untuk balapan. 

Daya cengkeram ban maksimal dengan suhu panas trek yang dapat hasilkan daya menempel ban dan jalan yang dilalui pada trek balapan lebih baik.

Sepeda motor penggunaan harian layaknya tidak cocok dengan tipe ban satu ini selain mahal dan berusia pendek, kondisi beragam jalanan yang dilalui juga dipastikan ban tidak bekerja dengan maksimal.

BACA JUGA:

2. Sport Touring

Jenis motor yang sering touring ada baiknya memakai tipe ban yang tepat. Jangan hanya memilih ban berdasarkan ukuran, harga maupun pola saja. 

Ban sport touring lebih tepat untuk motor yang sering menjelajah jarak jauh. Ban ini bisa digunakan untuk memacu motor dengan cepat.

Admin
Penulis
-->