Kesehatan

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri, dari Masalah Ginjal hingga Serangan Jantung

fin.co.id - 13/06/2023, 13:24 WIB

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri, Ilustrasi oleh Sora Shimazaki / Pexels

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri - Sakit perut sebelah kiri adalah keluhan yang sering dialami oleh banyak orang. 

Rasa sakit ini bisa muncul di bagian atas atau bawah perut, dan bisa disebabkan oleh berbagai faktor. 

Apa saja penyebab sakit perut sebelah kiri, yuk cari tau sampai selesai.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

Penyebab sakit perut sebelah kiri bagian atas

Sakit perut sebelah kiri bagian atas biasanya berkaitan dengan organ-organ yang ada di bawah tulang rusuk bagian kiri, seperti lambung, limpa, pankreas, ginjal kiri, dan hati. 

Beberapa kondisi yang bisa jadi penyebab sakit perut sebelah kiri bagian atas bisa disebabkan empat kondisi medis tertentu.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Bagian Atas

  • Gastritis: radang lambung yang disebabkan oleh infeksi bakteri, asam lambung berlebih, atau obat-obatan tertentu. Gejalanya antara lain nyeri perut, mual, dan perut terasa penuh.
  • Pankreatitis: radang pankreas yang disebabkan oleh batu empedu, alkohol, atau infeksi. Gejalanya antara lain nyeri perut yang menjalar ke punggung, muntah, dan demam.
  • Pembesaran limpa: kondisi yang terjadi akibat infeksi, penyakit darah, atau trauma. Gejalanya antara lain nyeri perut, anemia, dan mudah memar.
  • Serangan jantung: kondisi yang terjadi akibat penyumbatan aliran darah ke jantung. Gejalanya antara lain nyeri dada yang menyebar ke perut kiri atas, leher, rahang, atau lengan kiri, sesak napas, dan berkeringat dingin.

Penyebab sakit perut sebelah kiri bagian bawah

Sakit perut sebelah kiri bagian bawah biasanya berkaitan dengan organ-organ yang ada di area tersebut, seperti usus besar, ovarium (pada wanita), atau ureter (saluran kemih). 

Beberapa kondisi yang bisa jadi penyebab sakit perut sebelah kiri bagian bawah, bisa disebabkan oleh empat kondisi medis.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Bagian Bawah

  • Divertikulitis: radang pada divertikula (kantong-kantong kecil) di usus besar. Gejalanya antara lain nyeri perut, demam, mual, dan konstipasi atau diare.
  • Infeksi ginjal: infeksi bakteri pada ginjal atau saluran kemih. Gejalanya antara lain nyeri perut, demam, menggigil, dan buang air kecil yang sakit atau berdarah.
  • Batu ginjal: pembentukan batu keras dari mineral dan garam di ginjal atau saluran kemih. Gejalanya antara lain nyeri perut yang tajam dan berubah posisi, mual, muntah, dan buang air kecil yang keruh atau berdarah.
  • Kista ovarium: pembentukan kantong berisi cairan di ovarium (indung telur). Gejalanya antara lain nyeri perut, kembung, nyeri saat berhubungan seksual, atau gangguan menstruasi.

Conclusion

Itulah penyebab sakit perut sebelah kiri, tergantung dengan lokasinya entah itu di bawah atau di atas.

Dan bahwa jika dilihat dari letaknya, orang bisa memprediksi apa kondisi yang sedang mereka alami.

Jangan lupa untuk membagikan artikel "Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri, Berikut Daftar Lengkapnya" ini.

Admin
Penulis
-->