Kesehatan

Cara Mengobati Luka Bakar dengan Bahan Alami yang Mudah dan Aman

fin.co.id - 08/06/2023, 12:18 WIB

Cara Mengobati Luka Bakar dengan Bahan Alami yang Mudah dan Aman

Ilustrasi cara mengobati luka bakar dengan bahan alami

Cara Mengobati Luka Bakar dengan Bahan Alami yang Mudah dan Aman - Jika Anda mengalami luka bakar, segera lakukan langkah-langkah mengatasinya dengan cara alami.

Jika luka bakar yang dialami cukup parah, jangan tunggu waktu untuk segera mendatangi klinik, puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Diketahui, luka bakar tidak hanya akibat terbakar api. Luka bakar juga bisa disebabkan akibat tersiram air panas, minyak panas, atau knalpot kendaraan. 

Jika luka bakar yang dialami masih tergolong ringan, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan bahan-bahan alami. 

BACA JUGA:

Bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di rumah dapat mengobati luka bakar ringan.

Berikut bahan-bahan alami di rumah yang bisa mengobati luka bakar ringan dilansir halodoc:

1. Lidah Buaya

Tanaman Lidah Buaya salah satu bahan alami yang dapat mengobati luka bakar ringan. Bahan alami yang satu ini bersifat antiradang dan antibakteri, yang mampu mendinginkan sensasi panas, meredakan rasa sakit, serta mencegah lecet dan terbentuknya jaringan parut.

2. Madu

Meski memiliki khasiat mampu meningkatkan kekebalan tubuh, Madu juga dapat digunakan mengobati luka bakar ringan. 

Madu dapat mempercepat proses penyembuhan dengan merangsang sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA:

3. Susu

Susu memiliki kandungan lemak dan protein yang dapat membantu menenangkan luka bakar. Kedua bahan alami tersebut mampu mempercepat penyembuhan luka bakar dan memperbaiki struktur jaringan kulit. Caranya dengan merendam luka bakar di dalam susu selama 15 menit. 

4. Teh Hitam

Bahan alami teh hitam mengandung asam tanat yang dapat menghilangkan sensasi panas dari luka bakar, sehingga membantu mengurangi rasa sakit. Caranya dengan meletakkan 2–3 kantong teh hitam basah dingin di atas luka bakar. Kemudian, lilit dengan kain kasa agar tidak jatuh.

5. Gandum

Mengobati luka bakar dengan bahan alami yang terakhir dapat dilakukan menggunakan gandum. Gandum bersifat antiradang yang mampu mempercepat proses penyembuhan luka. Bukan itu saja, gandum memberikan efek mendinginkan dan melembapkan kulit kering dan gatal akibat luka bakar. Caranya dengan mencampur gandum dan air hingga berbentuk bubur. Oleskan pada luka, dan diamkan selama 20 menit.

BACA JUGA:

Admin
Penulis
-->