Kesehatan

Waspada, Kasus Covid-19 Naik Lagi, Penularan Tembus 2000 Lebih Per Hari

fin.co.id - 05/05/2023, 13:04 WIB

Waspada, Kasus Covid-19 Naik Lagi, Penularan Tembus 2000 Lebih Per Hari

Gejala Varian Kraken COVID, Image oleh mohamed Hassan dari Pixabay

Waspada, Kasus Covid-19 Naik Lagi, Penularan Tembus 2000 Lebih Per Hari - Kasus penularan Covid-19 kembali meningkat. Rata-rata penyebaran Covid-19 pe harinya mencapai 2000 kasus.

Untuk itu, epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Iwan Ariawan meminta agar seluruh masyarakat mewaspadainya.

Diungkapkannya, angka kasus penularan Covid-19 sebelumnya bisa ditekan hingga di bawah 1.000 per hari, namun belakangan meningkat menjadi 2.000 lebih kasus per hari.

"Kondisi ini harus kita sikapi dengan kehati-hatian dan tidak menularkan atau tertular Covid-19," katanya, Jumat, 5 Mei 2023.

BACA JUGA:

Menurutnya, peningkatan kasus Covid-19 belakangan ini dipengaruhi munculnya subvarian baru virus seperti Arcturus dan Kraken.

Selain itu, peningkatan signifikan mobilitas dan interaksi masyarakat menjelang hingga setelah Lebaran juga meningkatkan risiko penularan Covid-19.

"Kami memang sudah memprediksi adanya kenaikan kasus kali ini, sebab adanya pergerakan masyarakat yang masif selama mudik dan Lebaran," kata Iwan.

Iwan, yang tergabung dalam Tim Serologi Survei Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, memperkirakan penularan Covid-19 di Indonesia bisa tetap terkendali karena mayoritas penduduk sudah punya antibodi SARS-CoV-2 hingga 98,5 persen berkat vaksinasi dan infeksi alami.

BACA JUGA:

Dia juga menyampaikan bahwa tren peningkatan kasus Covid-19 yang terjadi sejak 29 April 2023, dengan angka kasus 2.074 dalam sehari, kemungkinan memuncak dan mencapai angka 5.000 kasus per hari dalam dua pekan.

Guna menekan risiko penularan, ia mengatakan, warga yang mengalami gejala Covid-19 dianjurkan segera memeriksakan diri ke dokter.

"Kalau ada yang memiliki gejala seperti flu, batuk, pilek, demam, segera periksa antigen, paling tidak kita tahu apakah Covid-19 atau bukan," katanya.

Orang muda yang terserang Covid-19 tetapi tanpa gejala, menurut dia, harus segera menjalani isolasi mandiri dan memberitahukan orang-orang yang melakukan kontak dengannya ke petugas kesehatan atau kerabat supaya mereka bisa diperiksa.

BACA JUGA:

Admin
Penulis
-->