News

Pemprov Kalsel Gelar Mudik Gratis 2023, Pendaftaran Mulai Hari Ini sampai 15 April 2023

fin.co.id - 12/04/2023, 20:39 WIB

Ilustrasi Keluarga

Mudik Gratis Pemprov Kalsel - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar mudik gratis 2023. 

Mudik gratis Pemprov Kalsel ini dengan menyiapkan sebanyak 50 minibus untuk Lebaran 2023. 

Kepala Dinas Perhubungan Kalsel M Fitri Hernadi mengatakan, sebanyak 50 minibus disiapkan untuk angkutan mudik gratis bagi warga yang ingin merayakan Lebaran 2023 di kampung halaman.

Menurut dia, pendaftaran program mudik gratis tersebut mulai dibuka pada hari ini Rabu 12 April 2023 hingga 15 April 2023.

BACA JUGA: Ada Mudik Gratis Naik Kapal Perang dari Jakarta, Semarang dan Surabaya, Syarat Pendaftaran Cek di Sini 

Sesuai kuota yang tersedia, kata dia, setiap minibus berkapasitas sebanyak 15 penumpang. Mudik gratis Pemprov Kalsel dilaksanakan pada 19-20 April 2023.

"Sesuai arahan Gubernur Kalsel, kegiatan (mudik gratis) ini bertujuan memberikan keselamatan dan kenyamanan serta dalam rangka pengendalian inflasi sektor transportasi di Kalsel," katanya.

Ia mengatakan, rute mudik gratis itu yakni Banua Anam meliputi Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan, dan Tabalong.

Rute lainnya, kata dia, ke daerah pesisir, yakni Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu, dan Kotabaru.

BACA JUGA: Pendaftaran Mudik Gratis Offline, Ini Sisa Kuota Mudik Gratis Pemprov Jatim

Menurut dia, untuk start pengangkutan penumpang bertempat di Siring 0 Kilometer Kota Banjarmasin, Jalan Sudirman depan Siring Sungai Martapura, dan Lapangan Murjani Kota Banjarbaru.

Fitri menambahkan, untuk kegiatan mudik Lebaran 2023 pihaknya juga sudah melakukan ramp check atau pemeriksaan kendaraan angkutan umum di Terminal Km 6 Banjarmasin.

"Hal itu untuk memastikan angkutan umum yang melayani mudik lebaran memenuhi standar operasional demi keselamatan penumpang," tutur Fitri.

Selain itu, pihaknya bersama kepolisian, balai jalan, dan instansi terkait juga sudah memeriksa kondisi jalan jalur mudik lebaran, di mana lebih dari 90 persen dalam kondisi baik.

Admin
Penulis
-->