Regional

Gibran Rakabuming dan Dico Ganinduti Diprediksi akan Bersaing di Pilgub Jateng 2024

fin.co.id - 05/04/2023, 22:56 WIB

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

Gibran Rakabuming dan Dico Ganinduti - Nama Gibran Rakabuming Raka dan Dico Ganinduto disebut-sebut akan bersaing dalam Pilgub Jawa Tengah (Jateng) 2024.

Gibran dan Dico Ganinduti sama-sama tokoh muda berpeluang bersaing dalam konstelasi posisi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2024. 

Akademisi Universitas Diponegoro Semarang Retna Hanani mengatakan, kemungkinan Gibran dan Dico akan berkompetis dalam Pilgub Jateng 2024i. 

"Kalau untuk menyatukan, saya kira agak riskan," katanya, saat diskusi bertajuk "Peluang Pemimpin Muda dalam Pilkada Jawa Tengah 2024", Rabu 5 April 2023.

BACA JUGA: Gibran-Dico Duet di Pilgub 2024, Mas Gibran: Enggak Fix

Gibran yang notabene putra sulung Presiden Joko Widodo diketahui adalah Wali Kota Surakarta. 

Sedangkan Dico adalah Bupati Kendal yang merupakan politikus Partai Golkar.

Retna Hanani mengatakan, kemungkinan elektabilitas kedua tokoh muda itu sama-sama tinggi di kalangan anak muda. 

Tetapi tidak bisa menafikan konstelasi politik yang cukup mapan di Jateng.

BACA JUGA: Kotanya Gibran Kebanjiran, Warganya Ngungsi ke Sekolah-Sekolah

"Secara proporsional anak muda itu 31-33 persen, itu suara besar. Tetapi, kita harus memperhatikan konstelasi politik yang cukup mapan di Jateng bahwa harus ada representasi dari kelompok nasionalis dan agama," katanya.

Direktur Eksekutif AKSARA Research and Consulting Hendri Kurniawan menyampaikan hasil survei yang menunjukkan kedua tokoh itu mendapatkan dukungan tertinggi dari kalangan pemilih muda d Jateng.

Dengan elektabilitas yang tinggi, Hendri justru menyoroti peluang mereka berdua dipasangkan sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng pada pemilihan kepala daerah 2024.

Berdasarkan survei AKSARA yang dilakukan pada 15-25 Januari 2023 terhadap 800 responden di Jawa Tengah berusia 17-39 tahun, pasangan Gibran-Dico mendapatkan tingkat keterpilihan tertinggi sebesar 31,8 persen.

BACA JUGA: Kedekatan Gibran dan Megawati, Pengamat: Jangan Macam-macam dengan Mas Gibran

Admin
Penulis
-->