Nasional

Penyebab Kecelakaan Helikopter Kapolda Jambi di Kerinci Diinvestigasi, Puing-Puing Siap Dievakuasi

fin.co.id - 23/02/2023, 20:40 WIB

Tangkapan layar penampakan korban kecelakaan Helikopter yang berisi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono beserta rombongan

Penyebab Kecelakaan Helikopter Kapolda Jambi di Kerinci Diinvetigasi - Penyebab kecelakaan helikopter Kapolda Jambi di perbukitan Desa Tamiai, Kerinci tengah diselidiki.

Wakapolda Jambi Brigjen Pol Yudawan Roswinarso menyebut, Baharkam Polri siap melakukan investigasi penyebab kecelakaan helikopter Kapolda Jambi.

Diketahui, Kapolda Jambi dan tujuh korban lainnya mengalami kecelakaan helikopter di kawasan perbukitan Desa Tamiai, Kerinci pada Minggu (19/2).

BACA JUGA: Helikopter Kapolda Jawa Timur Mendarat Darurat di Tulungagung, Ini Penjelasan Polda Jatim

"Iya ada nanti dari Baharkam Polri," kata Wakapolda Jambi Brigjen Pol Yudawan Roswinarso di Jambi, Kamis, 23 Februari 2023.

Yudawan melanjutkan, untuk puing-puing helikopter jenis Bell P-3001 akan dievakuasi menggunakan jalur darat.

Sedangkan untuk komponen helikopter lainnya yang berat bisa diangkut menggunakan jalur udara seperti mesin dan lainnya.

Ia mengatakan pengambilan puing-puing helikopter tersebut rencananya dilakukan pekan depan, menunggu tim dari Baharkam Korpolairud untuk tiba di Jambi.

BACA JUGA: 4 Sosok Ini Jadi Prioritas Polri Evakuasi Korban Helikopter Kapolda Jambi di Hutan Perbukitan Tamiai

"Sesuai apa yang disampaikan oleh Korpolairud bangkainya (helikopter) akan kita ambil. Kita istirahat sejenak beberapa saat," kata dia.

Terkait penyebab kecelakaan helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi dan tujuh korban lainnya, Kapolri Jendral Listyo Sigit mengatakan bahwa helikopter tersebut dalam kondisi layak pakai.

Sigit memastikan bahwa helikopter yang membawa Kapolda Jambi dan rombongan selama ini dilakukan pemeriksaan berkala, termasuk saat hendak digunakan.

Untuk sementara itu, kata dia faktor cuaca yang buruk masih menjadi penyebab helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi dan lainnya itu harus mendarat darurat.

BACA JUGA: Helikopter Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono Bukan Terjatuh, Tapi Mendarat Darurat

Heli tersebut digunakan sejak tahun 2003. Selama ini secara rutin dilakukan perawatan termasuk saat mau digunakan dilaporkan dalam kondisi layak digunakan.

Admin
Penulis
-->