Helikopter Kapolda Jawa Timur Mendarat Darurat di Tulungagung, Ini Penjelasan Polda Jatim

Helikopter Kapolda Jawa Timur Mendarat Darurat di Tulungagung, Ini Penjelasan Polda Jatim

Irjen Toni Harmanto (dok Ist)--

Helikopter Kapolda Jawa Timur Mendarat Darurat di Tulungagung, Ini Penjelasan Polda Jatim - Helikopter yang ditumpangi Kapolda Jawa Timur Irjen Toni Harmanto dikabarkan mendarat darurat di Tulungagung, Jawa Timur.

Dalam peristiwa tersebut seluruh penumpang yang berada di helikopter termasuk Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto, dinyatakan selamat.

Peristiwa pendaratan darurat tersebut terjadi usai Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Toni Harmanto melakukan kunjungan kerja ke Polres Pacitan dan akan kembali ke Surabaya, Rabu, 22 Februari 2023.

Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol. Dirmanto meluruskan kabar helikopter Kapolda Jatim mendarat darurat.

BACA JUGA:4 Sosok Ini Jadi Prioritas Polri Evakuasi Korban Helikopter Kapolda Jambi di Hutan Perbukitan Tamiai

Ditegaskannya, helikopter yang ditumpangi Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto beserta rombongan melakukan alternatif landing dan bukan mendarat darurat di Tulungagung.

"Hanya melakukan alternatif landing di lapangan Kecamatan Rejotangan Tulungagung, karena kondisi cuaca usai kunjungan kerja ke Polres Pacitan," ujarnya, Kamis, 23 Februari 2023.

Diungkapkannya, Helikopter Kapolda Jatim melakukan alternatif landing untuk keselamatan karena kondisi cuaca.

Dijelaskannya, dalam penerbangan hal itu disebut alternatif landing, namun untuk helikopter bisa di lapangan mana saja atau istilahnya any open area (AOA).

BACA JUGA:Jalur Darat Sulit, Tim SAR Kerahkan 6 Helikopter Evakuasi Kapolda Jambi di Bukit Tamiai

"Kalau mendarat darurat itu disebabkan gangguan mesin atau trouble pada pesawat, lha ini mesin tidak ada masalah kok, cuman karena kondisi cuaca," ujarnya.

Diungkapkannya, jika terjadi cuaca buruk, maka pilot akan melakukan tindakan kembali ke home base atau landing di lapangan terbuka terdekat, bukan mendarat darurat.

"Jadi cuaca buruk maka pilot akan kembali ke home base atau landing di lapangan terbuka terdekat," ucapnya.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: