Industri

Cetak SDM Unggul, Link and Match Perguruan Tinggi Dengan Sektor Industri Penting

fin.co.id - 09/02/2023, 17:56 WIB

Penandatanganan kerjasma Universitas Esa Unggul

Cetak SDM Unggul, Link and Match Perguruan Tinggi Dengan Sektor Industri Penting - Kebutuhan terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) unggul terus meningkat seiring dengan perkembangan teknologi serta kemajuan industri di dalam negeri. 

Terlebih di era disrupsi digital yang terjadi setelah revolusi industri 4.0 berjalan di Indonesia. Kebutuhan terhadap SDM unggul di sektor-sektor strategis terus meningkat. 

BACA JUGA: Guru Besar Esa Unggul Bicara Soal Hari Kanker 2023

Untuk memenuhi hal itu, dunia pendidikan dan akademisi seolah berpacu dan kejar-kejaran dengan kebutuhan sektor Industri. 

Pendidikan formal konvensional harus berevolusi menjadi pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Harus ada link and match antara dunia pendidikan dengan sektor industri. 

Para akademisi menegaskan perlunya kerja sama antara dunia kampus atau Perguruan Tinggi (PT) dengan sektor industri. Terutama dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). 

Program MBKM itu sendiri merupakan program pemerintah yang menjadi tonggak penting dalam memperkuat sinergi antar Perguruan Tinggi, maupun Perguruan Tinggi dengan dunia usaha serta industri.

BACA JUGA: Esa Unggul Tangerang Gelar Pelepasan MBKM Batch 2

"Program MBKM ini menjadi wadah bagi PT dan industri untuk bekerjasama dan saling membantu memperkuat satu sama lain," ungkap Kepala LL Dikti Wilayah III, Paristiyanti Nurwardan, di sela kegiatan Talk Show dan Focus Group Discussion terkait kerja sama Perguruan Tinggi dengan industri di Universitas Esa Unggul Kampus Bekasi, Kamis 9 Februari 2023.

Paris, demikian ia biasa disapa, mengatakan bahwa kerjasama antara Perguruan Tinggi dan industri sangat penting dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang Inklusif dan berkualitas. 

Perguruan Tinggi memiliki tugas besar dalam memberikan pendidikan dan penelitian yang berkualitas, serta mempersiapkan lulusan yang siap bekerja dan memahami dunia industri. 

Sementara industri memiliki tanggung jawab untuk membantu menciptakan lapangan kerja dan memperkuat ekonomi negara. 

BACA JUGA: Universitas Esa Unggul Jadi Universitas Terbaik ke-33 Versi UI Green Metric 2022

Melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Perguruan Tinggi dan Industri bisa bekerja sama dalam memperkuat program pendidikan dan penelitian, mempromosikan inovasi dan penerapan teknologi terbaru, serta mempersiapkan lulusan yang siap bekerja dan memahami dunia industri. 

Ini akan membantu meningkatkan daya saing lulusan dan mempersiapkan mereka untuk menjadi pemimpin di masa depan. 

Admin
Penulis
-->